Senin 22 Jul 2024 13:00 WIB

Wagub: Prestasi Barito Utara Berkat Dukungan Seluruh Stakeholder

Prestasi menunjukkan komitmen Pemkab Barito Utara meningkatkan tata kelola.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas jasa, dedikasi, dan kontribusi semua pemangku kepentingan terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Utara.
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas jasa, dedikasi, dan kontribusi semua pemangku kepentingan terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, BARITO UTARA -- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas jasa, dedikasi, dan kontribusi semua pemangku kepentingan terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Utara. Hal ini terlihat dari raihan prestasi maupun hasil-hasil Pembangunan yang dicapai kabupaten tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Edy ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-74 Kabupaten Barito Utara, bertempat di Arena Terbuka Tiara Batara Muara Teweh Kabupaten  Barito Utara, Senin (22/7/2024).

Baca Juga

Wakil Gubernur (Wagub) Edy saat membacakan sambutan tertulis Gubernur antara lain menyampaikan sejumlah capaian positif tersebut. Antara lain berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI 10 kali berturut-turut. Kemudian berhasilnya menekan inflasi daerah dari sebelumnya 1,12 pada bulan Oktober tahun 2023 menjadi 0,33 pada bulan Juni tahun 2024.

Selain itu lanjut Wagub, menurunnya angka prevalensi stunting tahun 2023 sebesar 15,3 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar 19,6 persen dimana angka tersebut lebih kecil dibanding target nasional yaitu 19,95 persen. Disamping itu pula, berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka, di mana pada Januari tahun 2024 sebesar 3,96 persen menjadi 3,03 persen pada bulan Juni 2024.

Yang tidak kalah menarik menurut Wagub adalah menurunnya jumlah penduduk miskin dari sebelumnya sebanyak 1.309 Kepala Keluarga pada Oktober tahun 2023 menjadi 205 Kepala Keluarga (804 jiwa) pada bulan Juni 2024 dan diraihnya gelar juara umum pada event Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2024.

“Pencapaian yang bagus tersebut tentu memperlihatkan semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan keuangan daerah serta kualitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih dan lebih baik lagi,” tutur Wagub.

Edy juga berharap, melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ini hendaknya dapat menjadi momentum memperkokoh semangat berkolaborasi dan merawat keharmonisan, untuk bahu membahu membangun Barito Utara yang semakin maju, cerdas, dan sejahtera, demi terwujudnya Provinsi Kalimantan Tengah makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis).

Hal tersebut selaras dengan Tema yang diusung dalam peringatan hari jadi tahun ini, yakni “Barito Utara Harmonis, Pembangunan Berkelanjutan”. Edy menekankan agar seluruh stakeholders fokus terhadap beberapa sektor strategis yang menyentuh langsung masyarakat, yaitu pangan, kesehatan, dan pendidikan.

photo
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas jasa, dedikasi, dan kontribusi semua pemangku kepentingan terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Utara. - (Pemprov Kalteng)

Selain itu, mempercepat penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk memudahkan, menyederhanakan, mendekatkan, dan mempercepat layanan bagi masyarakat serta program-program infrastruktur perlu juga terus didorong, untuk memberikan kemudahan akses mobilitas bagi masyarakat, sekaligus memacu perekonomian dan investasi, yang akan berdampak positif terhadap peningkatan PAD dan tentunya kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wagub kembali mengingatkan meski tahun 2024 diprediksi tidak terjadi el nino, bahkan cenderung mengarah ke la nina, tetapi diharapkan tetap meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Mengakhiri sambutannya, Edy juga mengajak seluruh stakeholders agar menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada tersebut, dengan menggunakan hak suara dan memelihara keharmonisan, keamanan, dan kondusifitas. Kemudian, kepada semua ASN, agar tetap menjaga netralitas. sukses Pilkadanya, damai masyarakatnya, dan sejahtera daerahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement