Jumat 23 Aug 2024 16:01 WIB

Kongres ke-6 PAN, Zulhas akan Kembali Jadi Ketum Secara Aklamasi

Kongres rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan kembali jadi ketum secara aklamasi.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan kembali jadi ketum secara aklamasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Kongres ke-6 di Hotel Indonesia Kempinski, pada 23-24 Agustus 2024. Kongres ke-6 PAN itu akan memutuskan ketua umum yang akan memimpin partai itu untuk periode 2024-2029.

Ketua Steering Committee Kongres ke-6 PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, kongres itu merupakan institusi pengambilan keputusan tertinggi di partai. Kongres akan menetapkan AD/ART, platform, garis besar program dan perjuangan partai, serta memilih ketua umum PAN periode 2024-2029.

Baca Juga

"Dari Rakernas tanggal 29 Juni lalu, telah direkomendasikan untuk dibawa ke kongres hasil aspirasi dan dukungan penuh secara tertulis di atas materai dari 38 DPW dan 514 DPD PAN seluruh Indonesia untuk meminta kepada Zulkifli Hasan agar dapat menghibahkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk memimpin kembali sebagai ketua umum PAN periode 2024-2029," kata dia melalui keterangannya kepada Republika, Jumat (23/8/2024).

Menurut Viva, aspirasi dan dukungan itu murni berasal dari kader di daerah. Apalagi, tantangan ke depan makin berat, sehingga figur Zulkifli Hasan atau Zulhas diharapkan mampu untuk menjawab tantangan zaman sekaligus memimpin PAN agar bertambah kursi dan suara di Pemilu 2029 nanti.

Ia menambahkan, Zulhas telah mendaftar secara resmi sebagai calon ketua umum PAN. Rencananya, Zulhas akan disahkan dan ditetapkan ketua umum DPP PAN periode 2024-2029 pada Jumat malam.

"Untuk itu, Kongres ke-6 PAN ini akan menetapkan secara aklamasi, musyawarah mufakat, bulat dan tidak lonjong Zulkifli Hasan sebagai ketua umum DPP PAN periode 2024-2029," kata dia.

Viva mengatakan, Kongres ke-6 PAN itu akan resmi dibuka pada Jumat sekitar pukul 19.00 WIB. Rencananya, kongres akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Selain itu, akan hadir beberapa ketua umum partai politik dalam kongres tersebut. Sejauh ini, sejumlah ketua umum partai yang sudah menyatakan hadir di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia dan Partai Nasdem Surya Paloh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement