Jumat 23 Aug 2024 15:46 WIB

Antipasi Mpox, Dinkes Mataram Imbau Warga Jaga Kebersihan

Higienitas dan imunitas dapat mencegah penularan kasus Mpox.

Cacar monyet atau Mpox (Monkeypox) (ilustrasi). Masyarakat diimbau menjaga higienitas untuk mencegah penularan cacar monyet atau Mpox.
Foto: Republika/Mardiah
Cacar monyet atau Mpox (Monkeypox) (ilustrasi). Masyarakat diimbau menjaga higienitas untuk mencegah penularan cacar monyet atau Mpox.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, kembali mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus cacar monyet atau Mpox yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia.

Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan (higienitas) dan imunitas. Hal ini sebagai langkah antisipasi penyebaran virus cacar monyet (Monkeypox) atau Mpox.

Baca Juga

"Higienitas dan imunitas dapat mencegah penularan kasus cacar monyet dan virus-virus lain," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram H Emirald Isfihan di Mataram, Jumat (23/8/2024).

Hal tersebut disampaikan menyikapi pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan kasus monkeypox menjadi kedaruratan kasus global. Dari data Kementerian Kesehatan RI, terdapat 88 kasus Monkeypox yang sudah terdeteksi di Indonesia sejak tahun 2022-2024. Terkait dengan itu, masyarakat perlu mewaspadai penularan monkeypox karena virus ini sudah masuk ke Indonesia sejak 2022.

Emirald mengatakan, sejauh ini kasus cacar monyet di Kota Mataram belum pernah ditemukan, namun peringatan dari WHO harus menjadi atensi bersama untuk melakukan upaya antisipasi dan pencegahan. Sebagai bentuk kewaspadaan, Dinkes dalam hal ini memiliki kapasitas untuk melakukan edukasi, dan skrining ketika ada indikasi temuan kasus.

Sedangkan untuk pengawasan jalur masuk hewan peliharaan, terutama monyet merupakan inang utama dari virus Monkeypox, menjadi ranah pihak berwenang dalam hal ini Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). "Kami bertugas mengedukasi masyarakat salah satunya dengan menjaga kebersihan dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular," kata dia.

Sedangkan untuk langkah-langkah antisipasi, pencegahan, penanganan, dan lainnya, kata Emirald, pihaknya menunggu arahan pemerintah pusat. Dari informasi, ujarnya, virus cacar monyet ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan luka atau cairan tubuh yang terinfeksi virus, seperti air liur, darah, atau cairan dari ruam kulit serta melakukan hubungan seksual dengan orang yang terpapar virus monkeypox.

Gejalanya diawali dengan demam, gatal diseluruh tubuh, pusing dan muncul bintik-bintik yang bernanah dan terasa melepuh pada permukaan kulit. "Masyarakat kita harapkan tetap tenang tapi waspada, dan ketika masyarakat mengalami gangguan kesehatan segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement