Selasa 20 Aug 2024 15:24 WIB

Aplikasi Karya Mahasiswa Universitas BSI untuk Diskominfo dan Persandian Kota Yogyakarta

Mahasiswa mulai membuat aplikasi tersebut di semester 5.

Mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta telah berhasil menyerahkan Aplikasi Sistem Informasi Medis Poliklinik Hewan ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.
Foto: Universitas BSI
Mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta telah berhasil menyerahkan Aplikasi Sistem Informasi Medis Poliklinik Hewan ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta telah berhasil menyerahkan Aplikasi Sistem Informasi Medis Poliklinik Hewan ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta. Penyerahan hibah apliaksi ini berlangsung di Ruang Riset Dinkominfosan Kota Yogyakarta pada Jumat (13/8/2024).

Aplikasi SIMPOLAN (Sistem Informasi Pelayanan Online) dikembangkan oleh tiga mahasiswa berbakat Universitas BSI, yaitu Muhamad Renald Adrian Putra, Mutiara Khairun Nissa, dan Nurul Hasanah. Mahasiswa mulai membuat aplikasi tersebut di semester 5 untuk memenuhi mata kuliah Praktek Kerja Lapangan, dan disempurnakan pada semester 6 sekaligus untuk Tugas Akhir.

Baca Juga

Renald, salah satu programmer yang terlibat dalam pengembangan aplikasi ini, menyatakan rasa bangganya dapat berkontribusi dalam aplikasi yang berdampak besar bagi masyarakat.

Aplikasi ini menyediakan fitur yang memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan administratif di poliklinik hewan secara online, mulai dari pengajuan pendaftaran booking pemeriksaan hewan, pemilihan dokter hewan hingga pembayaran. Semua proses dilakukan secara digital, sehingga mengurangi birokrasi dan mempercepat pelayanan.

"Kami sangat bersemangat dan bangga bisa terlibat dalam pengembangan aplikasi SIMPOLAN. Aplikasi ini memberikan kami kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah kami pelajari di kampus dalam situasi nyata. Kami berharap aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik," ungkap Renald.

Sementara itu, Kepala Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Joko Marwiyanto yang menerima langsung hibah aplikasi ini menekankan pentingnya praktek kerja nyata bagi mahasiswa.

"Mahasiswa magang di Dinas Kominfosan ini bukan hanya mencari ilmu, tetapi juga tempat untuk mengasah ilmu yang telah didapat di kampus. Mengembangkan aplikasi self-service untuk pelayanan publik dengan data yang banyak merupakan tantangan besar bagi mahasiswa magang. Namun, saya yakin mereka telah belajar banyak dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja sesungguhnya," kata Joko.

Menanggapi hal ini, Ketua Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Yogyakarta, Noor Hasan yang turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi tinggi kepada para mahasiswa atas kerja keras dan dedikasi mereka.

"Kami sangat bangga dengan hasil kerja Renald beserta team. Mereka telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam mengembangkan aplikasi ini. Kami berharap aplikasi SIMPOLAN dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Yogyakarta," ujar Noor Hasan.

Dengan selesainya acara serah terima ini, diharapkan aplikasi SIMPOLAN dapat disempurnakan lagi dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan teknologi yang mempermudah akses dan pelayanan publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement