Sabtu 17 Aug 2024 08:06 WIB

Erick Thohir di Antara Menteri yang Ikut Rayakan HUT Ke-79 RI di IKN

Tidak semua pejabat negara akan mendampingi Presiden Joko Widodo di IKN.

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berada di IKN.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berada di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarah tercatat mulai 2024, kala untuk kali pertama perayaan Hari Kemerdekaan RI akan di Ibu Kota Negara (IKN) di Istana Garuda, Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur. Tidak semua pejabat negara akan mendampingi Presiden Joko Widodo di IKN.

Sejumlah menteri yang akan merayakan hari kemerdekaan RI ke-79 di IKN antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga

Erick Thohir juga mengikuti rangkaian kegiatan acara 17 Agustus 2024 di IKN. Melalui media sosial miliknya Erick Thohir menyatakan pada Jumat malam mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), Taman Kusuma Bangsa di IKN tepat tanggal 17 Agustus pukul 00:00 WITA.

"Ini pertama kali AKRS dilaksanakan di IKN untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk Indonesia," tulis Erick Thohir.

Di Taman Kusuma Bangsa perjuangan panjang kemerdekaan Indonesia digambarkan dengan patung Proklamator Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta. Serta sayap burung garuda setinggi 17 meter, tiang bendera setinggi 79 meter dan api abadi sebagai simbol semangat juang yang tidak pernah padam.

"Terima kasih untuk perjuangan seluruh pahlawan Indonesia," ujar Erick Thohir.

Terdapat enam rangkaian acara HUT ke-79 RI yang dilaksanakan di IKN. Dimulai dari renungan suci pada tengah malam hingga penurunan bendera. Selengkapnya rundown acaranya:

1. Pukul 00.00 WITA: Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.

2. Pukul 09.15 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

3. Pukul 10.15 WITA: Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN.

4. Pukul 11.00 WITA: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

5. Pukul 15.45 WITA: Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

6. Pukul 17.00 WITA: Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement