Jumat 16 Aug 2024 18:56 WIB

KKN Internasional UMJ bersama UM Cirebon di Kamboja

Program KKN akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berkolaborasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Kamboja.
Foto: UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berkolaborasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berkolaborasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Kamboja. Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., menyerahkan secara resmi 6 mahasiswa dari UMJ dan UM Cirebon kepada pihak An-Nikmah Al Islamiah Institute Phnom Penh Cambodia, Senin  (12/08/2024).

Endang Darmawan Pendawa Agung, Muhammad Yusuf, Muhamad Farhan Firmansyah, Dede Purwanto, Uswatun Hasanah dan Salma Zakiatur Rohmah merupakan peserta KKN Internasional UMJ.

Baca Juga

Program KKN akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan terhitung sejak 11 Agustus hingga 6 September 2024. Para mahasiswa akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat seperti mengajar, kegiatan keagamaan dan lainnya.

Ketua dan Sekretaris Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati dan Darto, S.E., M.M., serta perwakilan UM Cirebon Zakiyyah, S.Si., M.Si ikut mendampingi penyerahan mahasiswa KKN.

Tidak hanya mahasiswa, para dosen dari UMJ dan UM Cirebon juga melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Hadi menjelaskan, program KKN dan PkM Internasional adalah upaya PTMA dalam rangka internasionalisasi dan pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU). Melalui program ini, mahasiswa dan dosen mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Program dari Tri Yuni bertajuk “Improving Students' Knowledge through Use Natural Materials at An Nikmah Al Islamiah Institute Pnom Penh Cambodia”.

PkM lainya dari Darto berjudul “Improving Sharia Financial Literacy through Socialization and Education at the An-Nikmah Al-Islamiah Institute Phnom Penh Cambodia” dan Zakiyyah dengan judul PkM “Sosialization of Utilization of Corn Cob Waste for Briquette Making”.

Program Unggulan Tahunan UMJ

Melalui keterangan pers, LPPM UMJ menjelaskan Program KKN dan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional akan menjadi program unggulan tahunan UMJ melalui LPPM dan Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KKUI).

Selain di Kamboja, Thailand menjadi negara tujuan kegiatan KKN Internasional UMJ hal ini merupakan salah satu upaya UMJ dalam membekali mahasiswa dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Sekretaris Pertama Fungsi Konsuler dan Pensosbud di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kamboja Teguh Adhi Primasanto menyambut Rombongan UMJ dan UM Cirebon juga berkesempatan berkunjung ke Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kamboja, Rabu (14/8/2024).

Teguh Adhi Primasanto mengatakan, pada prinsipnya selalu mendukung kegiatan yang bersifat positif oleh perguruan tinggi dari Indonesia.

Ia menyampaikan, Dubes sangat mengapresiasi kegiatan KKN Internasional UMJ dan UM Cirebon, dan KBRI mengundang para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan KBRI lainnya, seperti Upacara Kemerdekaan RI dan kegiatan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement