Rabu 14 Aug 2024 18:59 WIB

Apa Itu Bintang Mahaputera Adipradana yang Diterima ET, BJ Habibie, Yuri Gagarin dkk

Penghargaan ini diterima oleh banyak tokoh negara.

Bersama istri, Erick Thohir berfoto di dalam Istana Negara
Foto: Erick Thohir
Bersama istri, Erick Thohir berfoto di dalam Istana Negara

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju II dan beberapa tokoh meraih anugerah bintang penghargaan, Rabu (14/8/2024). Menteri BUMN Erick Thohir  menjadi penerima tanda jasa Bintang Mahaputra Adiprana dari Presiden Joko Widodo.

"Alhamdulillah, mendapat anugerah Bintang Mahaputera Adipradana," kata Erick Thohir, Kamis. Apa itu penghargaan tanda jasa Bintang Mahaputra Adiprana? Mengacu pada UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan: Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana adalah tingkat bintang tertinggi kedua di bawah Bintang Adipurna, dan di atas Bintang RI Utama, Pratama, dan Nararya.

Tanda ini kelas dari Bintang Mahaputra, diberikan kepada tokoh-tokoh yang secara luar biasa menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan NKRI. 

Pada awalnya, bintang penghargaan ini diberikan dalam bentuk kalung. Namun setelah 1972, penghargaan ini diberikan dalam bentuk selempang yang digunakan dari pundak kanan ke pinggang kiri.
 
Penghargaan serupa pernah diterima tokoh-tokoh negara dan pemerintah seperti: Presiden ke 2 BJ Habibie (1982), Sri Sultan Hamengkubuwono IX (1961), pendiri Pertamina Ibnu Sutowo (1972), sesepuh TNI Jenderal (purnawirawan) AH Nasution (1961), eks Menlu Adam Malik (1973), sesepuh TNI Jenderal (kehormatan) Sarwo Edhie Wibowo (1986), eks Menlu Ali Alatas (1992), eks hakim agung Artidjo Alkostar (2021), Bung Tomo (2008), hingga kosmonot asal Uni Sovyet Yuri Gagarin (1961). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement