Kamis 08 Aug 2024 21:44 WIB

Mahaka Jadi Juara Grup B, Lolos ke Perempat Final Turnamen Basket SML

Mahaka tak terkalahkan dalam tiga pertandingan di Grup B.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Laga Mahaka vs Kompas Gramedia dalam pertandingan Sinar Mas Land Basketball VIII Tournament 2024 in Collaboration with Digital Hub.
Foto: dok Jusraga
Laga Mahaka vs Kompas Gramedia dalam pertandingan Sinar Mas Land Basketball VIII Tournament 2024 in Collaboration with Digital Hub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahaka berhasil lolos ke babak perempat final Sinar Mas Land Basketball VIII Tournament 2024 in Collaboration with Digital Hub. Tim asuhan Muhamad Gofar lolos dengan status sebagai juara Grup B.

Kepastian Mahaka keluar sebagai juara Grup B setelah dalam pertandingan penentuan grup melawan Kompas Gramedia yang berlangsung Kamis (8/8/2024) sore menang dengan skor tipis 25-24.

Baca Juga

Mahaka tak terkalahkan dalam tiga pertandingan di Grup B. Kompas Gramedia mendampingi Mahaka lolos ke perempat final. Sebagai juara grup Mahaka akan menghadapi runner-up grup A yang ditempati MNCN-MSIN. Sedang Kompas Gramedia akan bertemu juara Grup A Transmedia.

“Kami mencoba untuk menurunkan tempo permainan lawan, mengingat kekurangan pemain dan tidak mungkin memainkan pola yang sama seperti pertandingan sebelumnya. Jadi saya coba maintain tempo permainan,” ujar Gofar usai bertanding.

Gofar menambahkan, dirinya mencoba mengubah rotasi pemain menyusul tim lawan memiliki guard dan bigman yang lumayan bagus. “Kami coba memainkan game plan disesuaikan kondisi pemain yang ada. Di babak berikutnya, tidak ada yang berbeda mengingat kurangnya materi pemain. Tapi kami mau coba yang terbaik,” ujar pria yang juga menjadi asisten pelatih di Satria Muda Pertamina.

Sementara itu pelatih tim basket Transmedia, Ali Budimansyah mengakui para asuhannya sempat terbawa irama permainan lawan dan kerap melakukan kesalahan sendiri seperti turnover dan passing maupun tembakan yang tidak akurat. Namun semua masih berjalan sesuai rencana.

“Semua berjalan dengan game plan, walau teman-teman bermain buru-buru, banyak melakukan kesalahan yang nggak penting. Tapi itu biasa terjadi, dan kami masih bermain dalam trek yang benar,” ungkap Budi.

Ketika ditanya bermain di babak perempat final, Budi mengatakan timnya akan bermain tanpa beban dan memainkan pola permainan yang sudah ditetapkan. Selain itu, tiap pemain harus siap dan tidak lagi melakukan banyak kesalahan.

“Persiapan khusus tidak ada, hanya nanti kalau dikejar atau tertinggal angkanya semua pemain jangan panik. Sebab kalau panik, mindset tiap pemain pasti akan berbeda,” imbuh Budi.

Untuk runner up Grup B, Kompas Gramedia berhak melaju ke perempat final menyusul hanya mencatat kekalahan satu pertandingan dari Mahaka. Kompas Gramedia menuai kemenangan atas MNC Media dan Media Grup. Sedangkan runner up Grup A diraih MNCN-MSIN karena tim Surya Citra Media (SCM) dikalahkan Jusraga 28-34.

Dengan demikianm tim basket SCM, MNCN-MSIN dan Jusraga memiliki nilai yang sama. Untuk itulah dilakukan perhitungan head-to-head di antara ketiga tim tersebut. MNCN-MSIN lebih unggul. Satu pertandingan tidak menentukan memainkan tim basket MNC Media mengalahkan Media Grup 23-17. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement