Ahad 11 Aug 2024 02:52 WIB

Mahaka Tersandung di Final Media, Hari Ini Buru Perunggu di Turnamen Basket SMLBT 2024

Tim basket Mahaka menghadapi Shop Tokopedia di perebutan peringkat ketiga SMLBT 2024.

Shooter gaek Mahaka Fitriyanto aka Fetruk membawa bola saat menghadapi Transmedia pada final kelompok media Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) in Collaboration with Digital Hub 2024. Fetruk mencetak sembilan poin, tapi gagal membawa timnya mengalahkan Transmedia.
Foto: dok Jusraga
Shooter gaek Mahaka Fitriyanto aka Fetruk membawa bola saat menghadapi Transmedia pada final kelompok media Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) in Collaboration with Digital Hub 2024. Fetruk mencetak sembilan poin, tapi gagal membawa timnya mengalahkan Transmedia.

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Tim basket Mahaka gagal melaju ke partai puncak ajang Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) in Collaboration with Digital Hub 2024. Skuad asuhan Muhammad Gofar ini pada final kelompok media setelah harus mengakui keunggulan Transmedia 32-50 di lapangan basket The Breeze Arena, BSD City, Sabtu (10/8/2024) petang.

Hasil ini membuat Mahaka akan berburu perunggu atau tempat ketiga turnamen menghadapi tim yang kalah dari final kelompok Ecosystem Digital Hub, yakni Shop Tokopedia. Di final kelompok Ecosystem Digital Hub, Shop Tokopedia harus mengakui keunggulan tim NTT Data 23-42.

Baca Juga

Mahaka menyabet perunggu SMLBT 2019, turnamen terakhir sebelum penyelenggaraan edisi tahun ini.  Turnamen ini sempat vakum empat edisi karena pandemi Covid-19 hingga kembali digelar sekarang, dan Mahaka berusaha menyamai pencapaian lima tahun lalu.

Jalannya laga

Tim Mahaka kesulitan meredam rotasi bola cepat dan permainan agresif yang diakhiri tembakan tiga angka di awal. Tercatat tiga tembakan masuk lewat open play Transmedia dipungkasi dengan tembakan tiga angka yang berhasil mulus. Kunggulan di rebound ini dimanfaatkan betul oleh Transmedia untuk bermain fast break ketika tembakan tiga angkanya dijaga. Mahaka 10-27 saat halftime.

Coach Gofar sudah berusaha mengatur skema defense terbaik, tapi kerap bisa ditembus Transmedia yang diasuh oleh legenda basket nasional Ali Budimansyah. Tanpa pemain andalannya Athar Alikhwan, Mahaka kehilangan salah satu opsi ofense, sementara absennya Panji Ari membuat pilihan berkurang di sisi defense.

Mahaka yang terus tertinggal sempat menipiskan skor menjadi 30-40 saat laga tersisa kurang dari tiga menit. Ini berkat aksi-aksi brilian yang dimotori oleh shooter gaek dari Republika, Fitriyanto. Sosok yang biasa disapa Petruk ini mencetak sembilan angka untuk membantu pengejaran Mahaka, lewat tembakan "kepiting" yang menjadi ciri khasnya.

Kondisi ini langsung memaksa Budi mengambil time out. Ia kemudian mengatur kembali komposisi pemain dan skema terbaik. Alhasil, Transmedia berhasi menambah 18 angka, sementara Mahaka cuma memasukkan dua hingga laga berakhir.

"Selain Transmedia timnya solid, ada faktor kurang beruntung di kami. Tadi beberapa tembakan mudah, termasuk under basket saja tidak masuk. Kami akan berusaha bangkit lagi memberikan yang terbaik dalam game perebutan perunggu nanti," kata Gofar.

Sementara Budi mengatakan Transmedia cukup bagus dan para pemainnya bermain sesuai game plan. Hanya di kuater terakhir kurang fokus.

"Saya coba perbaiki agar tidak ada kesalahan hingga akhir. Selain itu saya harus merotasi pemain dengan baik untuk persiapan pertandingan berikutnya,” kata Budi mengomentari pengejaran Mahaka pada kuarter pamungkas.

Ia mengatakan, Transmedia tidak menganggap mudah setiap pertandingan, terlebih menghadapi Mahaka. Namun kekompakan dan kerja sama tim serta bermain sesuai strategi yang diinstruksikannya menjadi kunci keberhasilan Transmedia juara kelompok media dan akan bertarung pada laga final turnamen melawan NTT Data sebagai tim terbaik kelompok Ecosystem Digital Hub.

Budi berharap fisik para pemainnya tetap prima pada partai pamungkas. “Soal skill dan pola permainan saya tidak kuatir. Yang saya khawatirkan istirahat anak-anak malamnya. Sebab mereka khan masih ada yang kerja usai tanding. Mudah-mudah besok (Ahad petang) seru tandingnya,” kata Budi.

Sementara itu, NTT Data bermain taktis dan agresif untuk menghentikan perlawanan Shop Tokopedia. “Senang banget bisa masuk ke final dan semoga anak-anak besok bisa main lebih bagus lagi. Materi pemain kami memang banyak yang tak lagi muda, jadi kondisi fisik agak terkoreksi dengan bermain selama ini. Saya harap mereka bisa recovery dan istirahat dengan maksimal saja,” ujar pelatih NTT Data Givson.

Ketika ditanya mengenai lawan Transmedia di babak final, Givson mengakui tim lawan memiliki materi pemain yang bagus dan tinggi-tinggi. Namun demikian, dirinya akan berupaya memaksimalkan para asuhannya di lapangan dengan fokus pada defense.

Pada pertandingan babak penyisihan Kelompok Umur (KU) 10, tim Aras GM Tangerang membuka pertandingan dengan mencetak kemenangan atas Kelly Basketball Academy 12-9, diikuti laga Hang Tuah mengalahkan Tangsel Thunder 33-10. Kemudian tim Aras GM Tangerang di pertandingan kedua harus menelan kekalahan 6-55 dari Warrior.

Sedangkan tim Roar sukses mengalahkan Tangsel Thunder 53-7. Tim Kelly Basketball Academy menelan kekalahan kedua di babak penyisihan ini dengan skor 13-82 dari Warriors. Selanjutnya, tim Roar menuai kemenangan kedua dengan menaklukkan Hang Tuah 36-29 dalam laga sengit.

Dengan demikian, Warriors menjadi juara Grup A diikuti Aras GM Tangerang sebagai runner up Grup A. Tim basket Roar menjadi juara Grup B dan Hang Tuah sebagai runner up Grup B. Pertandingan babak semifinal pertama mulai pukul 09.00 WIB, Ahad (11/8/2024), menampilkan Warriors melawan Hang Tuah. Dilanjutkan laga antara tim basket Roar berjumpa Aras GM Tangerang bermain di semifinal kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement