Kamis 01 Aug 2024 07:24 WIB

Dua Kota di Israel Ini Dilaporkan Jadi Target Iran Usai Khamenei Beri Perintah Serangan

Ayatollah Khamenei telah memberikan perintah serangan ke Israel.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dilaporkan telah memberikan perintah serangan langsung ke Israel.
Foto: EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dilaporkan telah memberikan perintah serangan langsung ke Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- The New York Times, mengutip tiga sumber pejabat Iran, melaporkan bahwa Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah memberikan perintah kepada militernya untuk menyiapkan strategi serangan dan pertahanan sebagai respons atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Menurut sumber itu, Khamenei membuat perintah itu dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan Tertinggi Nasional.

Iran dilaporkan menimbang serangan balasan jarak jauh, termasuk dengan drone dan serangan misil menuju target dengan Tel Aviv dan Haifa. Terjadi pula diskusi tentang koordinasi serangan melibatkan Iran, Yaman, Suriah, dan Irak untuk memaksimalkan dampak serangan.

Baca Juga

Di Amerika Serikat (AS), ABC dan Axios melaporkan kekhawatiran di antara para pejabat usai pembunuhan Haniyeh yang dinilai bisa merusak upaya negosiasi gencatan senjata dan memicu eskalasi ketegangan di kawasan. Pemerintah Biden juga khawatir, peristiwa terbunuhnya Haniyeh bisa memprovokasi Iran dan Hizbullah untuk membalas dengan keras.

Sementara di Israel, otoritas mereka mengantisipasi respons dari Iran dalam beberapa hari ke depan. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengonfirmasi bertanggung jawab atas pembunuhan terhadap Haniyeh dan komandan Hizbullah, Fouad Shukr, sambil menyatakan bahwa beberapa hari ke depan akan menantang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement