Senin 29 Jul 2024 06:19 WIB

Mayjen Kunto Arief Digeser Jadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas

Dari Wadan Kodiklatad, putra Wapres ke-6 Try Sutrisno ini jadi Staf Ahli Wantannas.

Mayjen Kunto Arief Wibowo terkena mutasi dari Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatad menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Mayjen Kunto Arief Wibowo terkena mutasi dari Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatad menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tanggal 24 Juli 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca Juga

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 256 pati (perwira tinggi) TNI terdiri dari 156 pati TNI AD, 52 pati TNI AL, dan 48 pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI Mayjen R Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (28/7/2024). Nugraha termasuk yang terkena mutasi menjadi dosen Universitas Pertahanan (Unhan). Posisinya digantikan Brigjen Hariyanto yang sebelumnya menjabat Kasdam XVII/Cenderawasih.

Selain itu, pergantian menyasar Mayjen Kunto Arief Wibowo dari Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatad menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas. Posisi tersebut ditinggalkan Mayjen Sulaiman Agusto yang memasuki masa pensiun. Kunto merupakan putra Wapres ke-6 RI Jenderal (Purn) Try Sutrisno.

Adapun Wadan Kodiklatad akan ditempati Mayjen Izak Pangemanan yang sebelumnya menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih. Mayjen Rudi Puruwito dari Pangdivif 1 Kostrad dipromosikan menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih dan Brigjen Novi Rubadi Sugito dari Kasdivif 1 Kostrad promosi menjadi Pangdivif 1 Kostrad.

Promosi juga didapat Kolonel Kav Rio Hendrawan Alin Putra yang akan menjabat Kepala Biro TU dan Protokol Setjen Kemenhan. Rio pun akan menyandang pangkat brigjen di posisi barunya. Pos tersebut selama ini dirangkat jabatan oleh Mayjen Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte, yang sekarang merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement