Jumat 12 Jul 2024 13:45 WIB

Lautan Manusia Antar Kepergian Ustadz Yazid Jawas ke Peristirahatan Terakhir di Los Empang

Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dimakamkan di Makam Los Empang, Bogor Selatan.

Pemakaman Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Jumat (12/7/2024).
Foto: Bayu Adji
Pemakaman Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Jumat (12/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Bayu Adji P

Lautan manusia ikut mengantarkan kepergian ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas ke tempat peristirahatan terakhirnya di Makam Los Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (12/7/2024). Tak terhitung jumlah manusia yang datang, tapi yang pasti mereka semua merasa kehilangan atas meninggalnya ustadz Yazid Jawas.

Baca Juga

Hafis (23 tahun) adalah salah satu warga yang kehilangan atas kepergian ustadz Yazid Jawas. Menurut dia, almarhum merupakan seorang guru besar yang sangat dikenal. Karenanya, kepergian almarhum meninggalkan rasa sedih baginya.

"Kepergian beliau tentu merupakan hal yang sedih, bagi saya pribadi," kata laki-laki asal Jakarta itu.

Ia mengatakan, ustadz Yazid Jawas adalah salah satu ulama yang fokus dalam ajaran tauhid. Almarhum juga dinilai sering berbicara tentang bahaya syirik.

"Yang saya ingat, almarhum memiliki fokus di ajaran tauhid dan memperingatkan tentang bahaya bidah atau syirik," ujar Hafis.

Sementara itu, ustadz Jundi Abu Daud (40), juga mengaku sangat kehilangan atas kepergian ustadz Yazid Jawas. Pasalnya, almarhum merupakan pendakwah yang sangat dikenal dengan keilmuannya.

"Saya pribadi dan umumnya kaum muslimin, pasti sangat merasakan kehilangan," ujar dia.

Ia mengenang, salah satu ciri khas almarhum adalah sangat tegas ketika menyampaikan ilmu yang terkait tentang akidah. Sebab, akidah adalah pokok landasan Islam.

"Beliau juga termasuk salah satu ustaz yang pertama menebarkan dakwah tauhid, yang paling tegas," kata dia.

Ustadz Jundi meyakini, ilmu yang telah diajarkan almarhum akan terus diamalkan oleh murid-muridnya. Apalagi, almarhum telah menjadi pendakwah selama sekitar 40 tahun. 

"Banyak murid beliau, yang juga merupakan ustadz. Jadi sangat banyak jasa beliau. Semoga Allah menerima semua amalan beliau, semoga Allah tempatkan beliau di surga firdaus," kata dia.

 

photo
Infografis Nasihat Ulama tentang Pentingnya Amalan Hati - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement