Sabtu 06 Jul 2024 01:58 WIB

Spanyol Tumbangkan Jerman Lewat Laga Dramatis di Perempat Final Euro, Kroos Gantung Sepatu

Spanyol mengalahkan Jerman 2-1 pada babak perpanjangan waktu.

Pemain Spanyol Mikel Merino merayakan gol kedua bagi timnya dalam pertandingan perempat final Euro 2024 antara Jerman kontra Spanyol di Mercedes Benz Arena Stuttgart, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pemain Spanyol Mikel Merino merayakan gol kedua bagi timnya dalam pertandingan perempat final Euro 2024 antara Jerman kontra Spanyol di Mercedes Benz Arena Stuttgart, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah tendangan bebas yang ditangkap dengan mudah oleh kiper Spanyol Unai Simon menandai akhir karier bergelimang trofi Toni Kroos. Tepat setelah bola di pelukan Simon, wasit Anthony Taylor dari Inggris meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga perempat final Euro 2024 antara Jerman kontra Spanyol.

Hasilnya, Spanyol keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan Jerman 2-1 di Mercedes Benz Arena, Stuttgart, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Tersingkirnya Jerman pada babak delapan besar Piala Eropa 2024 berarti usai sudah perjalanan panjang Kroos di sepak bola yang dimulai pada 26 September 2007 saat membuat debut untuk Bayern Munchen dalam usia 17 tahun.

Baca Juga

Sebelumnya, Kroos sudah mengumumkan akan gantung sepatu setelah membela Jerman di Euro 2024. Ia bertekad mengangkat trofi setelah menutup kariernya di klub dengan menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid tahun ini. Namun torehan 33 trofi yang didapatkannya sepanjang karier bersama Munchen, Madrid, dan timnas Jerman, tak berubah menjadi 34 sesuai usianya sekarang karena Die Mannschaft tersingkir dari Euro 2024.

Kroos boleh dikatakan beruntung pada laga ini. Ia melakukan tekel yang membuat Pedri cedera, tapi tak mendapatkan kartu. Begitu pula pada akhir-akhir waktu normal, Kroos beberapa kali membuat dorongan atau tekel yang cukup layak diganjar kartu, tapi diabaikan oleh wasit Taylor.

Namun Jerman boleh dikatakan tak beruntung. Beberapa peluang untuk menyelesaikan laga dengan kemenangan pada waktu normal tak terwujud. Jerman kebobolan pada menit ke-51 lewat gol Dani Olmo.

Setelah satu percobaan Niclas Fullkrug membentur tiang dan cungkilan bola Kai Havertz ke gawang Spanyol yang sudah kosong terlalu tinggi, Jerman akhirnya menyamakan skor pada menit ke-89. Tendangan Florian Wirtz yang membuat bola memantul mengenai gawang sebelum menggetarkan jala Spanyol menjadi penyama kedudukan.

Skor 1-1 menutup waktu normal plus injury time. Alhasil, laga harus dilanjutkan lewat 2x15 menit extra time

Pada masa ini, Jerman mendapatkan keputusan tak menguntungkan mereka saat bek kiri Spanyol Marc Cucurella menahan bola dengan tangan di kotak terlarang. Para pemain Jerman berteriak meminta penalti, tapi diabaikan Taylor dan tak ada masukan dari petugas VAR untuk meninjau tayangan ulang.

Saat laga sepertinya akan diakhiri lewat adu penalti, Dani Olmo mengirim umpan lambung brilian. Bola melambung melewati bek Jerman Antonio Rudiger tapi tepat mengarah ke Mikel Merino.

Merino melompat tinggi menyambut bola, melepaskan tandukan terbang sempurna yang berbuah gol pada menit ke-119. Tak ada yang bisa dilakukan kiper Manuel Neuer mencegah bola yang mengarah ke sudut atas kanan gawangnya.

Wasit Taylor masih memberi nafas kepada Jerman untuk membalas dengan memberikan tambahan waktu sampai menit ke-125. Namun sampai sampai Dani Carvajal diusir karena menerima dua kartu kuning dan berbuah tendangan yang dieksekusi Kroos, tak ada gol penyama berikutnya dari Jerman. Spanyol pun menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke semifinal Euro 2024.

  

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement