Kamis 04 Jul 2024 19:36 WIB

PKB tak akan Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar, Ini Sosok yang Masuk Radar

"PKB enggak dukung Pak RK di Jawa Barat," kata Jazilul Fawaid.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid saat memberikan keterangan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid saat memberikan keterangan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid mengatakan partainya tidak akan mendukung Ridwan Kamil atau akrab disapa RK pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat 2024. PKB, kata Jazilul, sedang mempertimbangkan sosok Sandiaga Uno.

"Kelihatan PKB enggak dukung Pak RK di Jawa Barat, kan sudah cukup PKB dukung Pak RK," kata Jazilul saat ditemui di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga

Menurut Jazilul, banyak hal yang harus dipertimbangkan PKB ketika ingin melabuhkan dukungan dari RK ke Sandiaga Uno. Salah satunya pertimbangan elektabilitas Sandiaga Uno di kalangan masyarakat Jawa Barat.

"Kita harus tahu berapa tingkat elektoralnya Pak Sandi, apa sanggup bersedia atau tidak," kata Jazilul.

Selain itu, jika partainya mantap mendukung Sandiaga Uno, PKB juga harus mempersiapkan diri untuk membangun koalisi baru agar kekuatan partai pendukung di Jawa Barat menguat. Jika hal tersebut sudah dipenuhi maka Jazilul yakin partainya akan memberikan dukungan penuh kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

"Bagi PKB, nama Pak Sandi layak disodorkan kepada masyarakat Jawa Barat, baru tingkat itu," kata dia.

Sebelumnya, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno mengaku belum mendapatkan surat penugasan dari partainya untuk maju pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2024.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno ketika dijumpai di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Senin (1/7/2024), saat ditanya peluangnya maju pada pilkada, baik di Jawa Timur, Jawa Barat, maupun Jakarta.

"Nanti tunggu surat tugasnya (menugaskan) di mana. Saya sekarang fokus di kementerian, belum dapat tugas," kata Sandiaga.

Sandi mengatakan bahwa PPP sudah menjalin komunikasi dengan partai-partai lain secara informal mengenai pilkada.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement