Senin 01 Jul 2024 17:06 WIB

Belajar AI di UNM Biar Bisa Merevolusi Cara Hidup Manusia

Tujuan dari webinar ini adalah untuk menambah bekal dan pengalaman belajar.

Program Studi (prodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar webinar dengan tema
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Program Studi (prodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar webinar dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah merevolusi cara hidup manusia. Salah satu teknologi yang menjadi pilar penting dalam berbagai bidang adalah Artificial Intelligence (AI). Program Studi (prodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar webinar dengan tema "Integration of Artificial Intelligence in Software Development: Driving Digital Transformation". Webinar ini menghadirkan narasumber Assoc Prof Dr Desinta Arrova Dewi dari INTI International University, Negeri Sembilan, Malaysia.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri, Arfhan Prasetyo, menyampaikan tujuan dari webinar ini adalah untuk menambah bekal dan pengalaman belajar pada mata kuliah AI di prodi Informatika.

Baca Juga

“Teknologi ini membawa dampak besar dalam cara manusia bekerja, berinteraksi dan mengambil keputusan. Menanggapi perkembangan ini, prodi Informatika telah sukses menggelar webinar AI dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dari Malaysia,” ujar Arfhan dalam rilis yang diterima, Senin (30/6/2024).

Arfhan menjelaskan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan INTI International University, Negeri Sembilan, Malaysia. Selain itu, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri.

"Dengan webinar ini, diharapkan mampu menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman berharga bagi mahasiswa, dari materi yang disampaikan narasumber,” katanya.

Sementara itu, Assoc Prof Dr Desinta Arrova Dewi menyebutkan pesatnya perkembangan AI saat ini memiliki kemampuan dalam memproses dan menganalisis data dalam skala besar. “AI memberikan manfaat luar biasa dalam berbagai bidang kehidupan manusia saat ini,” terangnya dalam penyampaian materi, pada Kamis (20/6/2024).

Ia juga menambahkan teknologi AI tidak menggantikan peran manusia, melainkan membantu dalam proses percepatan pekerjaan. “Manusia tetap menjadi faktor utama dalam pelaksanaan tugas atau kegiatan. AI hanyalah alat bantu,” ujarnya.

Memasuki era digital yang semakin canggih, berkarier di bidang AI menjadi sangat menjanjikan. Banyak perusahaan yang nantinya akan merekrut tenaga kerja dengan keahlian AI di masa depan. Webinar ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri untuk terus mengembangkan diri dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di era digital.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement