Senin 01 Jul 2024 16:31 WIB

Siapa Pihak yang Mengimpor Senjata dari Israel ke Indonesia? Ini Analisa Pengamat

Fahmi menduga impor tersebut bukan untuk keperluan pemerintah RI.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Tentara Israel dengan persenjataan berat berada dekat perbatasan Gaza (ilustrasi)
Foto:

Berdasarkan nilai impor, Khairul menduga pembelian itu dilakukan oleh badan usaha Indonesia. Tujuannya untuk kepentingan olahraga (atlet menembak), untuk bela diri perorangan atau untuk kepentingan badan usaha jasa pengamanan. 

 

"Untuk pembelian dan pemasukan senjata api, amunisi, peralatan keamanan yang digolongkan senjata api maupun komponen yang merupakan non standard organik TNI/Polri maka perizinannya dikelola oleh Mabes Polri."

 

"Jadi, siapa importir dan pembeli senjata dari Israel ini mestinya tercatat di sana. Termasuk jika untuk kepentingan olahraga, Perbakin mestinya juga memiliki datanya."  

 

Berdasarkan manifes ekspor-impor; Amunisi, Senjata dan yang Terkait Dengannya dicatat dengan kode HS 93. Sepanjang 2023, Indonesia mengimpor komoditas itu dari Israel dengan jumlah 14.821 dolar AS. Sementara sepanjang Januari-April 2023, angkanya senilai 6.548 dolar AS.

 

Sepanjang Januari-April 2024, angka impornya naik dari periode yang sama tahun lalu menjadi 8.047 dolar AS. Dalam skala ekspor impor, angka itu bukan jumlah yang signifikan. Sehingga diduga pengimpor bisa jadi adalah perorangan. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement