Jumat 28 Jun 2024 10:54 WIB

Buktikan Kualitas Unggul, Mahasiswa UNISA Bandung Raih Emas di Kompetisi Nasional

Gissan termotivasi mengikuti lomba karena minatnya pada matematika.

Gissan Rafli Ikbari mahasiswa program studi sarjana keperawatan Universitas
Foto: Dok Republika
Gissan Rafli Ikbari mahasiswa program studi sarjana keperawatan Universitas

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gissan Rafli Ikbari mahasiswa program studi sarjana keperawatan Universitas 'Aisyiyah Bandung, berhasil meraih juara 1 dalam lomba matematika dan biologi di Kompetisi Akademik Nasional Hari Pancasila. Acara ini diselenggarakan oleh @olimpiadesiswa pada tanggal 22 dan 23 Juni 2024. 

Prestasi gemilang ini menjadi kebanggaan bagi seluruh civitas akademika Universitas 'Aisyiyah Bandung. Dalam wawancara eksklusif, Gissan mengungkapkan motivasi yang membuatnya mengikuti kompetisi tersebut karena ia memiliki ketertarikan pada bidang matematika dan biologi. 

Baca Juga

“Yang memotivasi saya untuk mengikuti lomba ini adalah adanya ketertarikan pada bidang lomba matematika dan biologi," katanya dalam keterangan yang diterima Jumat (28/6/2024).

Ia mengaku persiapan yang dilakukan tidak hanya dari segi mental tetapi juga mempersiapkan dan memperlajari beberapa materi pada bidang lomba terkait. Selain itu, selama menghadapi lomba Gissan juga menghadapi berbagai tantangan. 

"Untuk tantangannya, ada beberapa soal yang sedikit sulit dan mungkin sudah termasuk soal HOTS (High Order Thinking Skills)," jelasnya. 

Meskipun demikian, Gissan mengaku tidak menyangka bisa meraih predikat medali emas. Ia juga membagikan strategi yang ia gunakan selama mengikuti kompetisi tersebut. 

"Saya menggunakan strategi yang digunakan semenjak SMA, seperti latihan soal 1 sampai 15 soal secara konsisten," paparnya. 

Kemampuan Gissan dalam membagi waktu antara kompetisi dan kewajiban akademik juga menjadi faktor penting dalam keberhasilannya. 

"Saya membagi waktu kompetisi dan kewajiban akademik dengan skala prioritas, seperti 'hal apa yang harus diselesaikan dengan segera'," tambahnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement