Rabu 26 Jun 2024 02:57 WIB

Kejutan Austria, Bungkam Belanda untuk Lolos ke 16 Besar Euro 2024 Sebagai Juara Grup D

Austria mengalahkan Belanda 3-2 di Berlin.

Para pemain Austria merayakan kemenangan 3-2 atas Belanda pada laga terakhir Grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, yang berakhir Rabu (26/6/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Para pemain Austria merayakan kemenangan 3-2 atas Belanda pada laga terakhir Grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, yang berakhir Rabu (26/6/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Austria membuat kejutan pada laga pamungkas Grup D Euro 2024. Tak lebih diunggulkan melawan Belanda, Austria justru tampil sebagai pemenang dengan keunggulan 3-2 pada laga di Olympiastadion, Berlin, yang berakhir Rabu (26/6/2024) dini hari WIB.

Hasil ini memastikan tim asuhan Ralf Rangnick lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 sebagai juara Grup D dengan nilai enam. Sebab dalam laga lain, Prancis hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Polandia sehingga Kylian Mbappe dkk bercokol di peringkat kedua dengan nilai lima.

Baca Juga

Adapun Belanda tetap lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dengan nilai empat.

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria berkat golnya menjelang akhir pertandingan. Dua gol lainnya dicetak oleh bunuh diri Donyell Malen dan Romano Schmid. Belanda hanya mampu dua kali menyamakan kedudukan melalui gol Cody Gakpo dan Memphis Depay.

Jalannya pertandingan

Das Team unggul cepat saat laga baru berjalan tujuh menit akibat gol bunuh diri pemain Belanda Donyell Malen. Gol berawal saat Malen berusaha melakukan blok terhadap umpan silang bek kiri Austria Alexandre Prass. Namun, bola justru masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 1-0.

Belanda baru merespons dengan lebih meningkatkan intensitas serangan. Meski demikian, Oranje masih belum bisa keluar dari tekanan Austria.

Pada menit ke-23 Belanda mendapatkan peluang emas pertama lewat Malen usai mendapatkan umpan dari gelandang keturunan Indonesia Tijani Reijnders. Namun penyelesaian akhirnya masih belum on target.

Malen nyaris menebus kesalahannya pada menit ke-24. Dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Patrick Pentz, tetapi tendangannya meleset dari sasaran.

Das Team hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-38. Bola tendangan Marcel Sabitzer bisa ditepis kiper Belanda, Bart Verbruggen.

Marko Arnautovic nyaris mencetak gol beberapa saat kemudian. Percobaannya di depan gawang dapat digagalkan Verbruggen. Skor 1-0 untuk Austria menutup babak pertama.

Pada babak kedua...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement