Jumat 21 Jun 2024 21:36 WIB

Timnas Indonesia Petik Kemenangan Meyakinkan Atas Singapura di Piala AFF U-16

Indonesia menekuk Singapura 3-0 pada laga pembuka Grup A Piala AFF U-16 di Solo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Alberto (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Singapura Muhammad Luth Harith (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Pesepak bola Timnas Indonesia Alberto (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Singapura Muhammad Luth Harith (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-16 memetik kemenangan pada laga perdana Grup A ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U-16. Menghadapi Singapura di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam, tim asuhan Nova Arianto menang 3-0 atas Singapura.

Satu gol Indonesia dicetak pada babak pertama dan dua gol terjadi pada babak kedua. Gol pertama di cetak oleh Mierza Firzatullah pada menit ke-39. Gol kedua oleh Evandra pada menit ke-57 melalui tendangan penalti. Gol ketiga dibukukan Alberto Hengga pada menit ke-87.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Indonesia menyamai bersama Laos berada di puncak Grup A karena sama-sama memetik kemenangan 3-0. Sebelumnya pada laga sore hari, Laos membungkam Filipina dengan skor serupa.

Indonesia sempat mendapatkan hukuman penalti pada ke-29 ketika Putu Panji handball di kotak penalti. Nathan yang dipercaya menjadi algojo tak mampu memaksimalkannya. Muhammad Nur Ichsan menggagalkan tendangan mendatar ke arah kanannya.

Pada menit ke-39, Mierza menjebol gawang Singapura. Gol berawal dari lemparan kedalam dari Fabio Azkairawan yang langsung mengarah ke kotak penalti. Sundulan Mierza yang menang duel dengan para pemain Singapura membuat Indonesia memecah kebuntuan.

Unggul satu gol di babak pertama. Indonesia langsung menggedor pertahanan Singapura. Menit ke-50, tendangan kaki kiri Gholy masih melambung di atas mistar gawang Singapura.

Menit ke-57 Daniel Alfredo dijatuhkan di kotak penalti oleh Rauf. Indonesia mendapat penalti dan Evandra yang dipercaya menjadi eksekutor. Evandra berhasil mengecoh kiper Singapura yang melompat ke arah kanan, bola yang tidak terlalu keras ke arah kiri. Indonesia pun unggul 2-0.

Indonesia memiliki peluang pada menit ke-69 ketika pemain pengganti Fandi Ahmad melepaskan tendangan keras jarak jauh. Namun, bola masih mengenai mistar gawang Singapura.

Menit ke-70 kiper Singapura Jarec Ng Rui Le cedera, setelah mendapat perawatan dinyatakan tidak mampu melanjutkan laga dan diganti kiper cadangan Ang Siew Ee.

Alberto Hengga akhirnya menambah satu gol dan membawa Indonesia memimpin 3-0 pada menit ke-87. Berawal dari umpan terobosan Fandi Ahmad, Alberto dengan tenang menaklukkan Ang Siew Ee.

Menit ke-89, Josh Holong mendapat peluang emas tapi terlambat dalam melepaskan tendangan sehingga bola dapat dikuasai kiper Singapura. Hingga delapan menit tambahan waktu usai, tak ada gol tambahan tercipta.

Indonesia mendominasi penguasaan bola sebanyak 60 persen. Ada 10 percobaan yang diciptakan dengan lima di antaranya tepat sasaran. Sementara Singapura hanya melepaskan tiga percobaan yang dua di antaranya tepat sasaran, tapi tak membuahkan gol.

Timnas U-16 akan kembali bertanding pada Senin (24/6/2024) melawan Filipina dan Kamis (27/6/2024) bertemu Laos. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement