Ahad 16 Jun 2024 10:34 WIB

Universitas BSI Beri Pelatihan AI Sebagai Virtual Assistant untuk Guru SMAN 4 Purwokerto

Guru diharapkan dapat lebih efisien dalam menyusun dan menyampaikan materi belajar.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan pelatihan Artificial Intelligence (AI) sebagai Virtual Assistant untuk guru-guru SMA Negeri 4 Purwokerto.
Foto: Dok Republika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan pelatihan Artificial Intelligence (AI) sebagai Virtual Assistant untuk guru-guru SMA Negeri 4 Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan pelatihan Artificial Intelligence (AI) sebagai Virtual Assistant untuk guru-guru SMA Negeri 4 Purwokerto. Acara ini berlangsung pada Selasa, 4 Juni 2024, di ruang guru dan dihadiri oleh lebih dari 40 guru mata pelajaran dari sekolah tersebut.

Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas BSI dan SMA Negeri 4 Purwokerto, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam memanfaatkan AI untuk mendukung tugas-tugas mereka. Narasumber utama, yaitu Mustofa memaparkan materi terkait penggunaan AI dalam dunia pendidikan. 

Baca Juga

“Materi yang saya sampaikan pada pelatihan kali ini meliputi pembuatan bahan ajar, pengembangan media pembelajaran, pemantauan perkembangan siswa, hingga pembuatan artikel,” jelas Mustofa.

Dengan memanfaatkan AI, guru diharapkan dapat lebih efisien dalam menyusun dan menyampaikan materi pembelajaran, serta lebih mudah dalam melakukan berbagai tugas administratif

 

Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan. Mereka tidak hanya menyimak penjelasan materi dari narasumber tetapi juga aktif berdiskusi dan melakukan praktik langsung. Suasana pelatihan berlangsung interaktif dengan banyak pertanyaan dan tanggapan dari para guru.

Wakil Kepala Kurikulum SMA Negeri 4 Purwokerto, Fauziatun Awalia, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Universitas BSI atas kesediaannya untuk mengisi kegiatan ini, yang merupakan salah satu agenda dalam In House Training sekolah. 

“Saya mewakili sekolah mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas BSI karena telah membantu guru-guru kami mengenal AI. Semoga dengan adanya pelatihan ini para guru di SMA Negeri 4 Purwokerto dapat lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital dan mampu mengintegrasikan AI dalam kegiatan belajar mengajar mereka, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah,” ujar Fauziatun.

Universitas BSI terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan kompetensi, baik untuk mahasiswa maupun para tenaga pendidik. Pelatihan AI sebagai Virtual Assistant ini menjadi salah satu langkah konkret dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement