Senin 10 Jun 2024 06:56 WIB

Jay Idzes Percaya Timnas Indonesia Tetap Tangguh tanpa Jordi Amat Lawan Filipina

Indonesia wajib menang melawan Filipina pada laga terakhir Grup F.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Jordi Amat menerima kartu merah seusai melakukan pelanggaran terhadap pesepak bola Timnas Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pesepak bola Timnas Indonesia Jordi Amat menerima kartu merah seusai melakukan pelanggaran terhadap pesepak bola Timnas Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek tengah tim nasional Indonesia Jay Idzes meyakini lini belakang skuad Garuda tetap tangguh meskipun tanpa Jordi Amat. Timnas Indonesia tak akan diperkuat Jordi Amat melawan Filipina dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena terkena kartu merah dalam pertandingan sebelumnya melawan Irak.

Jay mengatakan, Jordi pemain yang penting bagi timnas Indonesia dengan pengalamannya bermain di liga-liga top dunia. Menurut Jay, Jordi sosok yang bagus dalam tim. Namun menurut dia, timnas Indonesia juga punya banyak pemain bagus yang bisa mengisi posisi yang ditinggalkan Jordi.

Baca Juga

"Untuk kasus ini, saya juga bek, maka saya juga harus mampu mengambil keputusan-keputusan pertama. Maka kita lihat saja,” kata Jay dalam latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (9/6/2024).

Jay telah tiba di Indonesia sebelum pertandingan melawan Irak, dan pada laga tersebut ia sama sekali tidak dimainkan oleh Pelatih Shin Tae-yong. Menjelang laga melawan Filipina, pemain klub Venezia itu yakin dirinya telah beradaptasi dengan berbagai perbedaan suhu dan hal-hal lain di Indonesia, yang membuatnya semakin siap untuk dimainkan.

 

“Saya memulihkan diri dengan baik dan selama beberapa hari saya melakukan latihan pemulihan. Saya merasa kondisi saya baik,” kata pemain yang membantu Venezia promosi ke Serie A musim depan.

Secara rekor pertemuan, Indonesia unggul jauh atas Filipina. Mengutip catatan Rec.Sport Soccer Statistic Foundation (RSSSF), Indonesia memiliki catatan 23 kemenangan, empat kali imbang, dan satu kali kalah dari Filipina.

Jay mengingatkan meski unggul jauh dalam head to head, ia dan rekan-rekannya sama sekali tidak meremehkan Filipina. Menurutnya Filipina tampil cukup baik saat takluk 2-3 dari Vietnam pada Kamis (6/6/2024) lalu. Filipina diperkuat sejumlah pemain baru asal Eropa yang memiliki garis keturunan Filipina.

“Ya saya menonton pertandingan mereka melawan Vietnam dan mereka tampil bagus, mampu menciptakan beberapa peluang. Kami tidak meremehkan mereka,” tegas Jordi.

Indonesia saat ini menghuni posisi kedua dalam klasemen sementara Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda memerlukan kemenangan atas Filipina yang berada di posisi juru kunci, untuk mengamankan satu tiket ke putaran ketiga mendampingi Irak yang telah lebih dahulu memastikan diri lolos sebagai juara grup.

Jika seri atau kalah, Indonesia harus berharap Vietnam juga meraih hasil serupa saat bertandang ke Irak.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement