Ahad 09 Jun 2024 19:55 WIB

Dinkes Aceh Barat Ungkap 8 Warga Terinfeksi HIV/AIDS, 2 di Antaranya Pasangan Suami Istri

Delapan orang yang terinfeksi HIV/AIDS ini berada dalam pemantauan petugas kesehatan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
HIV/AIDS (Ilustrasi). Sebanyak 8 warga di Aceh Barat terinfeksi HIV/AIDS.
Foto: Flickr
HIV/AIDS (Ilustrasi). Sebanyak 8 warga di Aceh Barat terinfeksi HIV/AIDS.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mencatat delapan warga di daerahnya terinfeksi virus Human Immunodefiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Dari delapan orang tersebut, dua di antaranya merupakan pasangan suami istri.

“Delapan warga ini terverifikasi HIV/AIDS dan berada dalam pemantauan petugas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Ahad (9/6/2024).

Baca Juga

Adapun sebaran ke delapan warga yang terinfeksi tersebut berada di dalam pantauan Puskesmas Johan Pahlawan, Puskesmas Suak Ribee, Puskesmas Cot Seumeureung Kecamatan Samatiga, serta Puskesmas Peureumeue Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Menurutnya, kedelapan warga tersebut diketahui telah terinfeksi penyakit menular itu setelah petugas kesehatan melakukan skrining tes terhadap sejumlah warga sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selain melakukan pemantauan kepada masyarakat, kata Syarifah, Dinas Kesehatan Aceh Barat melalui petugas kesehatan terus melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat guna mencegah terjangkit penyakit menular. Selain itu, pihaknya juga turut melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menerapkan pola hidup sehat dan bersih, serta menghindari tindakan yang dapat menyebabkan terjangkit penyakit menular di lingkungan masyarakat.

 

"Sebagai upaya pencegahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 1.444 orang warga, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran penyakit menular di daerah tersebut," kata Syarifah Junaidah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement