Ahad 09 Jun 2024 06:43 WIB

PKB Siapkan Calon Kuat Penantang Khofifah-Emil yang Didukung Prabowo, Ini Bocorannya

PKB bisa mengusung calon tanpa harus membangun koalisi di Pilgub Jatim.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Prabowo Subianto memberikan rekomendasi dukungan dari partainya untuk Khofifah dan Emil Dardak dalam Pilgub Jawa Timur 2024, di kediamannya, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).
Foto: Republika/Bayu Aji P
Prabowo Subianto memberikan rekomendasi dukungan dari partainya untuk Khofifah dan Emil Dardak dalam Pilgub Jawa Timur 2024, di kediamannya, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih melakukan penjaringan menyiapkan nama untuk ikut berkontestasi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024. Nama yang disiapkan itu tak lain untuk melawan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya masih dalam proses penjaringan untuk menyiapkan calon gunakan (cagub) untuk berlaga dalam Pilgub Jatim 2024. Cagub itu tentunya bukan Khofifah, yang hampir dipastikan akan berpasangan dengan Emil. "PKB masih dalam proses untuk menjaring," kata dia, Sabtu (8/6/2]24).

Baca Juga

Ia berharap dinamika Pilgub Jatim dapat berjalan dengan menarik. Karena itu, harus ada calon yang disiapkan untuk melawan pasangan Khofifah-Emil. "Jangan sampai ada bumbung kosong kan. Masa pemilu bumbung kosong," ujar dia.

Mengutip situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK), bumbung kosong adalah kertas bergambar kosong yang disandingkan dengan calon tunggal di surat suara pemilihan kepala daerah (pilkada). Jika kertas kosong yang menang, maka calon kepala daerah tersebut tak boleh lagi mencalonkan diri, sehingga kepala daerah ditunjuk langsung pemerintah.

Menurut Jazilul, pihaknya tak ingin hal itu terjadi. Karena itu, PKB akan menyiapkan nama untuk diusung menjadi cagub Jatim. Apalagi, PKB bisa mengusung calon tanpa harus membangun koalisi di Jatim.

"PKB menunggu sampai detik akhir. Nanti dari proses dinamika siapa dari tokoh-tokoh yang terjaring, nanti akan didukung PKB. Pokoknya kita jamin tidak bumbung kosong di Jawa Timur," kata dia.

Ihwal nama yang akan diusung, Jazilul mengaku belum bisa memastikannya. Namun, salah satu yang disebut berpeluang diusung PKB adalah KH Marzuki Mustamar, yang merupakan mantan ketua PWNU Jatim.

"Kan ada Kiai Marzuki, ada macem-macem, masih banyak. Kalau fix masih belum, masih nunggu proses," ujar dia.

Khofifah dipastikan akan maju bersama Emil Elistianto Dardak dalam Pilgub Jawa Timur (Jatim). Pasangan itu telah mengantongi SK rekomendasi dari enam partai politik untuk menjadi cagub dan cawagub Jatim, termasuk dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pada pertemuan di kediaman Prabowo di Jakarta Selatan pada Jumat (7/6/2024), Prabowo mengaku tersanjung dengan kedatangan pasangan Khofifah-Emil ke kediamannya. Pasalnya, pasangan itu merupakan tokoh politik penting yang akan ikut serta dalam Pilgub Jatim 2024. Dalam kesempatan itu, Prabowo juga memberikan SK rekomendasi dari Partai Gerindra untuk pasangan itu maju dalam Pilgub Jatim.

"Kami dari Gerindra memutuskan untuk mengusung, mencalonkan, dan mendukung, Ibu Khofifah dan Mas Emil menjadi gubernur dan wakil gubernur Jatim untuk periode yang akan diadakan dalam pemilihan November," kata Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement