Kamis 06 Jun 2024 08:57 WIB

Indonesia Vs Irak: Saatnya Jinakkan Singa Mesopotamia Lagi di Gelora Bung Karno

Indonesia terakhir mengalahkan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno 24 tahun lalu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Timnas Indonesia melakukan latihan jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024). Timnas Indonesia akan melawan Timnas Irak pada pertandingan ke-5 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis 6 Juni 2024.
Foto:

Justin Hubner juga pemain tim cadangan Wolves di Liga Inggris, sementara Ivar Jenner dan Rafael Struick juga sama-sama pemain tim muda di klubnya di Belanda.

Namun, sekarang ada sedikit perbedaan. Starting XI Indonesia pada laga ini kemungkinan akan diisi oleh Thom Haye (Heerenveen) dan Ragnar Oratmangoen (dipinjam Fortuna Sittard dari FC Groningen) yang bermain reguler di klubnya. Ada juga Nathan Tjoe-A-On yang setiap dimainkan selalu tampil menawan, meskipun lebih banyak jadi cadangan di Heerenveen.

Sementara Jay Idzes yang promosi ke Serie A bersama Venezia musim depan, belum dipastikan akan dimainkan karena mepetnya waktu kedatangan dengan kick-off.

Pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pun mengakui ketangguhan lawan. Dari sisi peringkat pun kedua tim terpaut jauh di ranking FIFA. Per April, Irak di posisi 58, sementara Indonesia berada di peringkat 134.

Untuk itu, Shin meminta para pemain asuhannya untuk dapat menikmati pertandingan melawan Irak. "Sekarang para pemain semestinya bisa enjoy dan menikmati saja pertandingan besok lawan Irak, daripada kita takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa angka di peringkat FIFA itu hanya sekadar angka," ungkap pelatih asal Korea Selatan.

Shin optimistis merujuk pada pertemuan terakhir. Meskipun dibombardir di Piala Asia, Indonesia bertahan dengan baik. Namun dua kesalahan kecil membuat Irak menghukum Indonesia dengan gol. Di mata Shin, kekalahan 1-3 dari Irak bisa berbeda seandainya pertandingan dipimpin dengan baik oleh wasit.

Kali ini, Shin harusnya tak mengeluarkan komentar serupa. Sebab, laga Indonesia vs Irak akan dimpimpin oleh Shaun Robert Evans. Ia wasit asal Australia yang memimpin laga perempat final Piala Asia U-23 2024 antara timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23. Kala itu, Indonesia menang lewat adu penalti.

Sementara posisi di peringkat FIFA ditegaskan Shin tidak membuat pasukannya merasa rendah diri. "Memang secara peringkat FIFA berbeda jauh tetapi saya tetap memberikan motivasi kepada para pemain, dan bisa bermain dengan percaya diri, karena kami sudah kompak dan level kami sudah semakin meningkat," tegasnya.

Di sisi lain, pelatih timnas Irak Jesus Casas juga mengatakan pertemuan timnya melawan Indonesia akan berjalan berbeda dari dua pertemuan sebelumnya.

"Saya tentu percaya diri dengan tim saya, tapi setiap pertandingan tentu berbeda," kata Casas.

Pelatih asal Spanyol itu menilai materi skuad Indonesia saat ini yang dihuni empat pemain anyar yang berkompetisi di Eropa, di antaranya Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen, membuatnya mengatakan bahwa laga nanti akan berjalan berbeda dari dua pertemuan sebelumnya.

Casas menjelaskan...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement