Jumat 28 Jun 2024 19:41 WIB

Erick Thohir Umumkan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Shin Tae-yong dikontrak tiga tahun ke depan sampai 2027.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Foto: Twitter/@erickthohir
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir resmi mengumumkan perpanjang kontrak Shin Tae-yong untuk melatih timnas Indonesia. Kontrak baru ini berlangsung sampai 2027.

"Kami bersepakat untuk terus berjuang bersama agar tim nasional Indonesia semakin maju, berprestasi, dan mendunia," tulis Erick dalam laman resmi media sosialnya yang juga diunggah di Instagram Shin Tae-yong, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga

Pernyataan menggembirakan ini sontak mendapat sambutan positif dari para penggemar sepak bola Indonesia. Unggahan ini mendapatkan like dari 457 ribu, dan dikomentari sekitar 14 ribu yang sebagian besar mengungkapkan terima kasih dan syukur atas kabar positif ini.

Dalam unggahan di media sosial Erick, Shin juga menuliskan komentar ajakan. "Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan Presiden Erick sampai 2027. Tolong berikan dukungan sebesar-besarnya kepada sepak bola Indonesia," tulis Shin.

Sebelumnya sempat santer kabar bahwa Shin Tae-yong diminta negaranya Korea Selatan untuk melatih tim Ginseng. Namun kabar ini selalu disanggah PSSI. 

Exco PSSI Arya Sinulingga sebelumnya menyatakan kalau tanda tangan kontrak hanya tinggal menunggu waktu karena kondisi kesehatan Shin Tae-yong yang sedang kurang sehat.

"Hanya tinggal tanda tangan saja, pasal-pasalnya sudah saling setuju antar kedua pihak PSSI dan Shin Tae-yong. Hanya tinggal menunggu waktu yang tepat saja," ujar Arya beberapa waktu lalu

Shin datang menggantikan Simon McMenemy sebagai juru taktik skuad Garuda pada 28 Desember 2019. Ia diberi kontrak jangka panjang selama empat tahun.

Ia sempat menuai sejumlah hasil kurang memuaskan dengan timnas Indonesia tersingkir pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun mantan pelatih Korea Selatan tersebut perlahan-lahan menunjukkan hasil yang signifikan melalui racikan tangan dinginnya.

Shin membawa skuad Garuda untuk pertama kalinya tampil di Piala Asia 2023 mengakhiri absen selama 16 tahun. Ia juga membuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tidak demam panggung dengan melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Selain itu, juru taktik berusia 54 tahun tersebut juga membawa skuad Garuda Muda menjadi semifinalis untuk pertama kalinya di ajang Piala Asia U-23 2024, meski kemudian gagal membawa satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Shin juga mampu membawa Indonesia kini menempati peringkat ke-134 ranking FIFA. Ranking tersebut merupakan peringkat tertinggi yang diraih Indonesia sejak ditangani Shin.

Total bersama dengan timnas Indonesia, Shin telah menjadi juru taktik di pinggir lapangan sebanyak 33 pertandingan dengan mencatatkan 17 kemenangan, delapan seri, dan delapan kali kekalahan dengan persentase 51,52 persen kemenangan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement