Rabu 05 Jun 2024 06:09 WIB

Israel-Hizbullah di Ambang Perang Terbuka

Militer Israel mengatakan persiapan perang terbuka dengan Lebanon sampai tahap akhir.

Unit artileri Israel bersiap menembak ke arah sasaran di Lebanon dari lokasi yang dirahasiakan di perbatasan Lebanon-Israel, Israel, 4 Januari 2024.
Foto:

Tentara Israel melaporkan bahwa pasukannya mampu mengendalikan titik api, namun situasinya tetap berbahaya, dengan api masih berkobar di sekitar beberapa pemukiman, termasuk Kiryat Shmona, di mana api telah mencapai beberapa perumahan.

Penyebaran api memerlukan diterjunkannya sejumlah besar pemadam kebakaran serta pasukan tentara dan polisi. Banyak warga yang dievakuasi dari Kiryat Shmona dan permukiman lainnya. Tentara Israel membenarkan bahwa enam tentara cadangan terluka karena menghirup asap.

Namun menurut Aljazirah, Rumah Sakit Sefad mengonfirmasi bahwa mereka menerima sedikitnya 16 orang yang terluka dalam kebakaran Kiryat Shmona, termasuk tujuh tentara.

Sejak tanggal 8 Oktober, pasukan pimpinan Hizbullah hampir setiap hari menyerang komunitas dan pos militer Israel di sepanjang perbatasan, dan kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka melakukan hal tersebut untuk menekan Israel agar menghentikan serangan ke Gaza.

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

Sejauh ini, bentrokan di perbatasan telah mengakibatkan 10 kematian warga sipil di pihak Israel, serta tewasnya 14 tentara dan cadangan IDF. Ada juga beberapa serangan dari Suriah, tanpa ada korban jiwa. Hizbullah telah menyebutkan 328 anggotanya yang dibunuh oleh Israel selama pertempuran yang sedang berlangsung, sebagian besar di Lebanon tetapi beberapa juga di Suriah. Di Lebanon, 62 anggota kelompok Hizbullah lainnya, seorang tentara Lebanon, dan puluhan warga sipil telah terbunuh.

Israel telah menduduki sebagian wilayah Lebanon selama beberapa dekade dan baru meninggalkan negara itu pada tahun 2000, menyusul perlawanan keras Lebanon di bawah kepemimpinan Hizbullah. Mereka berusaha untuk menduduki kembali Lebanon pada tahun 2006 namun gagal dalam apa yang dianggap Lebanon sebagai kemenangan besar melawan Israel. 

Namun Israel tetap menduduki sebagian wilayah Lebanon, yakni wilayah Peternakan Sheeba. Hizbullah telah berjanji untuk memulihkan setiap inci wilayah Lebanon yang telah diduduki Israel bertentangan dengan hukum internasional.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement