Senin 03 Jun 2024 14:59 WIB

Beredar Info Tiang Monorel akan Dibongkar, Pj Heru: Belum Ada Niat  

Pemrov tidak tahu menahu soal kabar pembongkaran monorel.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Foto: Republika/Bayu Adji P
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan beredar informasi perihal rencana pembongkaran tiang monorel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Namun, informasi itu dibantah oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum memiliki rencana terkait pembongkaran tiang monorel. Bahkan, ia tak tahu ada rencana tersebut. Ia justru menanyakan kembali kepada wartawan terkait sumber informasi tersebut.  

Baca Juga

"Pertama saya tanya itu info dari mana? Saya aja baru tau dari beritanya temen-teman. Saya enggak ada niat berpikir ke situ. Jadi beritanya, saya baca itu dri teman-teman media dan saya enggak tau," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/6/2024).

Senada dengan Heru, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengaku tak tahu ihwal adanya rencana pembongkaran tiang monorel. Menurut dia, hingga saat ini belum ada rencana untuk membongkar tiang dari proyek gagal tersebut. 

 "Dapet berita dari mana ya? Saya sendiri enggak tahu. Saya belum tau rencana itu dan saya nanya juga belum tahu," ujar dia.

Sebelumnya, ramai diberitakan mengenai rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan membongkar tiang monorel di Jalan Rasuna Said , Kuningan, Jakarta Selatan. Namun, tidak ada sumber jelas dalam berita tersebut. 

Berdasarkan catatan Republika, sejarah panjang monorel telah dimulai sejak tahun 2004, ketika Jakarta dipimpin Gubernur Sutiyoso. Adalah PT Adhi Karya yang akan membangun proyek transportasi massal tersebut. Tiang pancang pertama monorel diresmikan oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Pada waktu itu, monorel juga dirancang sebagai salah satu moda transportasi yang akan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota satelit di sekitarnya. Namun, proyek itu berhenti di tengah jalan karena masalah dana.

Kemudian, pada Oktober 2013, proyek monorel diambil alih oleh PT Jakarta Monorail. Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang melakukan groundbreaking untuk proyek tersebut.

Namun, hingga enam bulan pascapeletakan batu pertama, belum ada juga kata sepakat antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT Jakarta Monorail, terkait sejumlah poin penting dalam pembangunan monorel. Singkat cerita, monorel tak pernah terealisasi di Jakarta.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement