Ahad 02 Jun 2024 09:10 WIB

Jumlah Tentara Israel yang Cacat di Gaza Melonjak

Sebanyak 8.298 tentara Israel diklasifikasikan sebagai penyandang cacat.

Tentara Israel membawa rekannya yang terluka di Jalur Gaza.
Foto: IDF
Tentara Israel membawa rekannya yang terluka di Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Serangan brutal yang dilakukan pasukan penjajahan Israel (IDF) harus dibayar mahal pasukan penjajahan tersebut. Belakangan terungkap, jumlah tentara IDF yang cacat akibat perang melawan pejuang Palestina di Jalur Gaza melonjak tajam.

Channel 12 Israel mengungkapkan bahwa 20.000 tentara pendudukan telah terluka di Gaza sejak 7 Oktober. Dari jumlah itu, 8.298 orang diklasifikasikan sebagai penyandang cacat. 

Baca Juga

Jumlah ini melonjak tajam dibandingkan angka yang tercatat pada Januari lalu. Kala itu, situs berita Ibrani, Walla, mengungkapkan dalam laporannya bahwa sebanyak 4.000 tentara Israel telah mengalami kecacatan sejak pecahnya perang melawan pejuang Palestina di Jalur Gaza pada Oktober 2023. 

Walaupun media Israel dan catatan resmi rumah sakit telah mengungkapkan sejumlah besar korban luka di kalangan tentara Israel, menurut Almayadeen militer penjajah telah berusaha menyembunyikan kerugian yang diderita sebagai bagian dari kebijakan sensornya dengan tidak mengakui jumlah kerugian sebenarnya. 

 

Ketika Pertempuran Banjir Al-Aqsa berlanjut pada hari ke-239, total korban tewas dan cedera di kalangan tentara Israel terus meningkat, khususnya karena 14 tentara pendudukan terluka selama 24 jam terakhir selama konfrontasi di Gaza.

Berdasarkan klausul “izin untuk mempublikasikan”, militer pendudukan mengungkapkan bahwa 3.657 tentara Israel telah terluka sejak 7 Oktober, 1.843 diantaranya menderita luka-luka sejak invasi darat ke Gaza.

Pada Januari, tentara pendudukan Israel mengumumkan bahwa mereka memperkirakan akan menerima hingga 20.000 klaim disabilitas yang diajukan oleh tentara akibat cedera yang diderita selama perang Gaza pada akhir tahun 2024, situs web Israel Calcalist melaporkan.

Menurut laporan tersebut, Kementerian Keamanan Israel telah mengontrak perusahaan eksternal untuk mempelajari kasus cedera tentara selama operasi militer dan perang sebelumnya untuk memperkirakan jumlah tentara yang “akan diakui sebagai penyandang cacat dan ditampung di departemen rehabilitasi tentara pada tahun 2024.”

Perang di Gaza terbukti sangat merugikan sumber daya manusia bagi entitas pendudukan karena sengitnya Perlawanan Palestina dan kecanggihan operasionalnya, yang digambarkan oleh pejabat tinggi militer dan politik Israel sebagai hal yang “tidak diantisipasi” dan “mengejutkan.”

Hal ini membuat tentara Israel bergulat dengan dampak yang tidak terduga, terutama mengenai cedera parah yang dialami tentaranya, termasuk cacat dan amputasi, serta kelainan bentuk dan luka bakar di berbagai bagian tubuh mereka. Cedera ini mengakibatkan kerugian besar bagi pemerintah Israel.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement