Jumat 31 May 2024 02:11 WIB

Bola Basket, Kemeriahan Jr NBA Week, dan Saran untuk Derrick Michael

Derrick Michael akan memperkuat tim Long Beach di NCAA Divisi 1 musim depan.

Dua  pemain Charlotte Hornets, Marques Bolden (kiri) dan Grant Williams.
Foto:

Williams adalah pemain All-Southeastern Conference sebagai mahasiswa baru, mahasiswa tahun kedua dan junior untuk Tennessee Volunteers. Dia dianugerahi penghargaan Pemain Terbaik SEC berturut-turut untuk musim 2017–18 dan 2018–19. Ia menjadi pemain pertama yang mendapatkannya sejak Corliss Williamson pada tahun 1995. Williams memimpin Tennessee sebagai unggulan ketiga di turnamen NCAA 2018 dan unggulan kedua di turnamen NCAA 2019.

Catatan kehebatannya saat masih menjadi pemain NCAA sangat memukau. Ia salah satu dari hanya 10 pemain Divisi I NCAA yang mencetak total lebih dari 500 poin, 250 rebound, dan 100 assist. Williams pernah mencatatkan 100 persen 23 tembakan bebas masuk dalam satu pertandingan pada 23 Januari 2019. Ini rekor free throw 100 persen terbanyak masuk oleh pemain mana pun di Divisi I dalam 60 tahun terakhir. 

Republika yang ikut dalam wawancara media dengan Williams pun menanyakan resep kehebatannya sebagai pemain NCAA. Sebab, Indonesia punya pebasket andalan yang saat ini juga tengah berlaga di Divisi 1 NCAA, yakni Derrick Michael Xzavierro atau biasa dipanggil DMX.

Setelah mendapatkan menit bermain sedikit di Universitas Grand Canyon pada musim lalu, Derrick kemudian mencari tempat yang bisa memberikan peluang lebih banyak untuknya berkembang. Gayung bersambut karena tim Long Beach State Beach dari California State University, Long Beach, tertarik menerimanya.

photo
Pebasket timnas Indonesia Derrick Michael Xzafierro (kiri). - (Republika/Edwin Putranto)

Williams mengetahui tentang situasi DMX, yang juga pernah mengikuti program Jr NBA pada 2017 silam. Derrick kemudian juga mengikuti NBA Global Academy di Australia. Menurut Williams, semua dimulai dari disiplin dalam berlatih untuk meningkatkan kemampuan. 

"Latihan menembak pagi hari, malam hari. Memastikan saya siap kapan pun nomor saya dipanggil oleh tim pelatih dan memaksimalkan peluang apa pun yang saya dapat," kata Williams.

"Jadi, untuk bisa menjadi pemain terbaik yang saya bisa, yang pertama harus mendengarkan dan mengerti bagaimana caranya bisa mencapainya. Kemudian yang kedua bekerja keras untuk mewujudkan itu, seperti saya bekerja di belakang layar yang orang lain tidak perhatikan atau pahami," ujar dia menambahkan.

Williams mengaku pada tahun pertama pernah berkomunikasi panjang lebar dengan pelatihnya di Tennesse, Rick Barnes. Sang pelatih mengatakan, Williams bisa saja jadi pemain kunci tim pada musim berikutnya asalkan mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

"Saya menjawab tantangan itu dengan berlatih keras di gym sepanjang musim panas. Kredit buat pelatih saya. Jadi, DMX bisa meraih kesuksesan jika dia mau mendengarkan saran pelatih dan bekerja keras di gym dan mempersiapkan diri setiap harinya," kata Williams memberikan semangat.

Ia menjelaskan, ada perbedaan penting menjalani pramusim sebagai pemain NCAA dan sekarang NBA. Di NCAA, pemain lebih fokus kepada sistem yang ingin dikembangkan pelatih. Sementara di NBA, pramusim diisi oleh pekerjaan meningkatkan kemampuan individual seperti akurasi tembakan dan kecepatan. Terlebih dengan gaya permainan di NBA yang sekarang banyak mengandalkan tembakan tiga angka.

"Semua sekarang bisa menembak. Joyo (Marques Bolden) juga jago," kata dia.

Williams mengaku ingin menambah kecepatannya serta akurasi tembakan saat dalam situasi bergerak. Menurut dia, hal tersebut diperlukan, mengingat saat masih membela Celtics, timnya bermain dengan tempo yang lebih lambat. 

Sementara Bolden ingn berusaha memperbaiki kemampuannya dalam bertahan memproteksi ring. Sebab sebagai pemain bertahan di belakang, ia merasa itu sangat diperlukan. Selain itu, Bolden juga ingin makin piawai lagi dan lebih konsisten dalam menjaga lawan yang menggunakan skema pick n roll. 

"Itu yang akan coba saya latih pada musim panas ini," kata Bolden.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement