Jumat 31 May 2024 00:30 WIB

Rio Waida Bersaing dengan Wakil Italia dan Jepang pada Babak Pertama Olimpiade

Rio akan berkompetisi di Heat 8 melawan Leonardo Fioravanti dan Reo Inaba.

Peselancar Indonesia Rio Waida beraksi menaklukkan ombak (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Peselancar Indonesia Rio Waida beraksi menaklukkan ombak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida akan bersaing dengan wakil Italia dan Jepang pada babak pertama Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung di pantai Teahupoo, Tahiti, French Polynesia, pada 27 April - 5 Agustus.

Dalam undian babak pertama, seperti disiarkan laman resmi Olimpiade, Kamis (30/5/2024), Rio akan berkompetisi di Heat 8 melawan peselancar Italia Leonardo Fioravanti dan peselancar Jepang Reo Inaba.

Baca Juga

Terkait dengan undian babak pertama tersebut, kepala tim nasional surfing Indonesia Arya Subyakto mengatakan, seluruh peselancar memiliki kesempatan yang sama.

"Mengingat peserta semuanya adalah atlet-atlet elit dunia, maka bisa kita katakan bahwa skill mereka sudah merata dan semoga semesta alam akan berpihak pada Rio di saat Olimpiade. Jadi peluangnya tetap 50:50," kata Arya dalam sambungan telepon kepada Antara di Jakarta, Kamis.

 

Meski begitu, Arya optimistis Rio dapat tampil optimal, melihat penampilannya saat berhasil mengamankan tempat di 16 besar kejuaraan Liga Surfing Dunia World Surfing League (WSL) Tahiti Pro, Rabu (29/5/2024) waktu setempat atau Kamis WIB. Kejuaraan ini berlangsung di Pantai Teahupoo, lokasi yang sama dengan Olimpiade Paris 2024.

"Melihat hasil Rio hari ini di Tahiti pada babak eliminasi dalam kondisi ombak Tahiti yang lagi besar, maka kami tambah optimistis akan kemampuan Rio berlaga di ombak besar Tahiti. Rio begitu tenang dan nyaman berlaga di ombak besar Tahiti," ujar Arya.

"Semoga Tahiti akan menyuguhkan ombak yang berkualitas pada saat Olimpiade, karena faktor alam tidak bisa ditebak. Namun sebagai atlet elite top 22 dunia, kami yakin Rio bisa menghadapi jenis ombak apa pun."

Dari kedua nama pesaing Rio di babak pertama Olimpiade Paris, Fioravanti bisa jadi kompetitor kuat peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu.

Baik Rio maupun Fioravanti berhasil lolos untuk mewakili negara masing-masing dalam Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021 lalu. Keduanya juga sama-sama melaju hingga babak 16 besar Olimpiade, yang diundur satu tahun karena pandemi COVID-19 itu.

Fioravanti juga masuk dalam deretan peselancar elite dengan bertanding dalam Championship Tour, divisi teratas WSL. Saat ini ia berada di peringkat 20 dunia klasemen WSL.

 

Sementara, Rio...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement