Kamis 30 May 2024 19:28 WIB

Ditanya Soal Dugaan Keterlibatan Purnawirawan Polri di Kasus Timah, Ini Jawaban Jampidsus

Kejagung tak sendiri dalam setiap pengusutan kasus korupsi.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah.
Foto:

Dugaan keterlibatan purnawirawan Polri dalam pembekingan dan penerimaan aliran uang hasil korupsi timahterungkap dari peran dan hubungannya dengan tersangka Suparta (SP). Direktur Utama (Dirut) PT Rafined Bangka Tin (RBT) itu juga tercatat memiliki jumlah saham mayoritas di PT Guna Bhakti Sukses Bersama, bersama saksi Robert Priantono Bonosusatya alias RBS.

Perusahaan mereka berdua itu, juga bagian dari para pemegang saham sekaligus pengelola Gedung the Tribrata Dharmawangsa. Gedung tersebut merupakan unit usaha bersama Persatuan Purnawirawan Polri.

Robert Bonosusatya, juga diduga pemilik manfaat dari PT RBT, yang juga menjadi bos dari tersangka Suparta, bersama tersangka Harvey Moeis (HM) yang merupakan suami dari aktris Sandra Dewi (SD). Robert Bonosusatya, sudah pernah diperiksa oleh tim penyidikan Jampidsus sebanyak dua kali pun juga Sandra Dewi.

Akan tetapi, dua kali pemeriksaan terhadap Robert Bonosusatya belum membuatnya mengenakan borgol. Dan terkait soal adanya peran hubungan bisnis para purnawirawan Polri dengan beberapa tersangka korupsi timah, pihak Mabes Polri menolak untuk memberikan komentar.

Robert Bonosusatya terakhir diperiksa penyidik Kejagung pada Rabu (3/4/2024). Berbeda pada pemeriksaan pertama pada pekan sebelumnya, Robert cuma diperiksa sebentar pada pemeriksaan kedua.

Dari informasi penyidikan, Robert datang ke ruang pemeriksaan sekitar pukul 10 pagi. Lalu istirahat, untuk melanjutkan pemeriksaan sampai sore. Sekitar pukul 16:00 WIB, Robert merampungkan pemeriksaan.

Robert menolak untuk menjelaskan tentang pemeriksaan tambahan tersebut. “Maaf ya. Maaf. Saya nggak mau komentar, Maaf,” begitu kata dia saat dihubungi, Rabu (3/4/2024) petang. 

photo
Komik Si Calus : Kerugian Lingkungan - (Republika/Daan Yahya)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement