Rabu 29 May 2024 23:39 WIB

Lembaran Baru Barcelona, Depak Xavi, Datangkan Hansi Flick untuk Buru Trofi

Barcelona mengontrak Hansi Flick sampai 20 Juni 2026.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Hansi Flick, pelatih baru Barcelona
Foto: EPA-EFE/Ronald Wittek
Hansi Flick, pelatih baru Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FC Barcelona punya pelatih baru. Sosok yang akan menukangi Blaugrana di kompetisi musim adalah Hansi Flick. Manajemen klub dan pria asal Jerman tersebut sudah menjalin kesepakatan kerja sampai 30 Juni 2026. 

Flick telah menandatangani kontrak di kantor Barcelona didampingi oleh presiden klub Joan Laporta, wakil presiden pertama yang bertanggung jawab atas bidang olahraga, Rafa Yuste dan direktur olahraga Anderson Luís de Souza alias Deco.

Baca Juga

Flick akan menggantikan posisi Xavi Hernandez yang dipecat pekan lalu. Xavi sempat menyatakan mundur pada akhir musim, tapi kemudian meralatnya. Hanya, Laporta sudah kadung tak mempercayainya, meskipun sebenarnya ia tak jelek-jelek amat. Tanpa persembahan trofi membuat Xavi didepak.

Dengan membawa Hansi Flick sebagai pelatih, FC Barcelona telah memilih seorang pria yang terkenal dengan gaya permainannya yang menekan, intens dan berani. Gaya ini telah membawa Flick meraih kesuksesan besar di tingkat klub dan internasional, memenangkan hampir semua hal yang bisa dimenangkan di dunia sepak bola.

 

Lahir di Heidelberg, Jerman pada tahun 1965, Flick boleh dikatakan cukup menonjol saat menjadi pemain. 

Ia berposisi sebagai gelandang yang memainkan 104 pertandingan untuk Bayern Munchen dan mencetak lima gol antara tahun 1985 dan 1990. Bersama Munchen, ia memenangi empat gelar Bundesliga serta satu gelar Piala Jerman, dan bermain di Final Piala Eropa (Liga Champions) 1987.

Ia kemudian memainkan 44 pertandingan untuk FC Koln sebelum pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 1993 karena cedera lutut. Masa terakhirnya sebagai pemain sepak bola adalah bersama Victoria Bammental dari tahun 1994 hingga 2000.

Flick tidak pernah bermain untuk tim nasional sepak bola Jerman, tetapi ia tampil dua kali untuk tim U-18 Jerman. Itu terjadi pada babak penyisihan grup Kejuaraan Eropa U-18 UEFA 1983 pada tanggal 15 dan 17 Mei 1983, masing-masing dalam kemenangan 1-0 atas Swedia dan 3-1 atas Bulgaria.

Karier manajerial

Karier manajerial Flick dimulai pada tahun 1996 sebagai pemain-manajer Viktoria Bammental, yang saat itu bermain di Oberliga Baden-Wurttemberg. Pada akhir musim 1998-99, klub tersebut terdegradasi ke Verbandsliga Baden, tetapi ia tetap menjadi pelatih mereka selama satu musim lagi.

 

Flick memulai karier kepelatihannya pada tahun 1996 sebagai pemain-pelatih di FC Victoria Bammental. Pada tahun 2000, ia mengambil alih posisi pelatih di Hoffenheim dan bertahan selama lima musim sebelum pindah ke RB Salzburng dan menjadi bagian dari staf kepelatihan di bawah asuhan Giovanni Trapattoni dan Lothar Matthaus.

Saat di...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement