Kamis 23 May 2024 20:53 WIB

Tiktok Food Fest Hadir Promosikan Makanan Viral Nusantara

Komunitas yang autentik menjadi alasan Tiktok meluncurkan festival kuliner pertamanya

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Makanan nusantara disajikan kepada pengunjung (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Makanan nusantara disajikan kepada pengunjung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masakan nusantara memiliki cita rasa yang kaya, baik itu masakan kaki lima, rumahan, hingga restoran. Setiap tahunnya, selalu ada masakan viral yang bertebaran di Tiktok, dan itu semua akan dihadirkan dalam Tiktok Food Fest 2024.

Mulai rekomendasi hidangan khas daerah, lokasi restoran terbaru untuk dikunjungi, hingga resep masakan praktis untuk dicoba bersama keluarga di rumah. Komunitas pecinta kuliner bisa datang ke Tiktok untuk menemukan, berbagi, dan merayakan warisan kuliner Indonesia yang beragam. 

"Setiap hari, komunitas dan kreator pecinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di Tiktok," ujar Public Policy and Government Relations Tiktok Indonesia, Faris Mufid dalam peluncuran festival pertama Tiktok bertajuk #FoodFestOnTikTok di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Komunitas kuliner yang autentik dan penuh semangat menjadi alasan Tiktok meluncurkan kampanye dan festival kuliner pertamanya yang didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Selain menyediakan tempat untuk mempertemukan komunitas kuliner, Pemprov DKI juga akan membawa 30 UMKM kuliner binaannya.

"Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman Untuk Anda (FYP). Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam platform kami," ujar Faris.

Dia menyebut, kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas Tiktok dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengonsumsi konten, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam mempromosikan kuliner Indonesia. Untuk mengikuti tantangan, pengguna perlu mengunggah video berdurasi minimal 60 detik dengan menggunakan fitur 'tag lokasi' dan menyertakan tagar #FoodFestOnTikTok.

"Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp 7,5 juta. Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei hingga 6 Juni 2024," ujar Faris.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement