Rabu 22 May 2024 23:59 WIB

Anggota DPR Nyoman Parta Ajak Masyarakat Manfaatkan Sisi Positif WWF ke-10

WWF jadi momentum perkuat posisi Indonesia di dunia.

Anggota DPR Nyoman Parta
Foto: Dokpri
Anggota DPR Nyoman Parta

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nyoman Parta mengajak masyarakat untuk melihat dan memanfaatkan sisi positif pelaksanaan World Water Forum ke-10 yang dilaksanakan di Bali pada 18-25 Mei 2024.  terutama kesempatan memperkenalkan sistem Subak ke Dunia Internasional 

Menurut legislator asal Bali ini, pertemuan tingkat tinggi Forum Air Sedunia telah mampu menunjukkan kearifan lokal masyarakat Bali dalam mengelola air yang telah diwariskan secara turun temurun.

Baca Juga

“Sudah sejak ratusan tahun lalu, masyarakat Bali memiliki kearifan lokal yang sangat menghargai adanya sumber daya air. Ini juga terkait dengan kepercayaan,” kata Nyoman Parta.

“Seluruh praktik yang berasal dari kearifan lokal masyarakat Bali ini berdampak positif,” lanjutnya.

Maka dari itu, dirinya sangat berharap gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 yang juga di dalamnya memperkenalkan tentang bagaimana kearifan lokal masyarakat Bali tersebut dapat terus menjaga kelestarian air hingga saat ini dan bermanfaat bagi warga Bali.

Nilai dan tradisi masyarakat Bali yang telah diwariskan lintas generasi tersebut terbukti mampu melindungi konservasi dan tata kelola air.

Karena itu keberadaan masyarakat sipil, menurut I Nyoman Parta, memiliki peran sangat vital untuk pengadaan dan pengelolaan air bersih di wilayah mereka menetap.

“Peranan masyarakat Bali dalam pengadaan air bersih, konservasi hingga tata kelola air  tidak bisa dipandang sebelah mata,” jelasnya.

Dari sektor pertanian, masyarakat Bali juga memiliki sistem irigasi bernama Subak yang  menjunjung tinggi semangat gotong royong dan penghormatan terhadap alam.

“Di Bali terdapat sistem pengairan bernama Subak yang sangat menjunjung semangat kegotong-royongan dan juga penghormatan pada alam,” ungkap I Nyoman Parta.

Tokoh parlemen nasional asal Bali tersebut  berharap agar mayarakat Bali dapat memetik manfaat  sejumlah dampak positif  WWF ke-10 bagi pertumbuhan ekonomi maupun meningkatkan kesadaran menjaga sumber air bagi kehidupan  khususnya di Bali. 

Legislator dari Bali  itu juga berpesan kepada Pemerintah agar senantiasa menjaga kelestarian danau yang ada di Bali.

Nyoman Parta  juga mengingatkan agar pemerintah   tidak hanya menjadikan bali sebagai tempat  perhelatan WWF namun sekaligus dapat  memberikan perhatian terhadap empat Danau yang ada di Bali , untuk di jaga kelestariannya” pungkasnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement