Jumat 03 May 2024 23:18 WIB

Buka Magister Psikologi Pendikan, UAI Siapkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas

UAI mengharapkan Indonesia Emas dihadapi dengan pemuda yang berintegritas.

Kegiatan Fakultas Psikologi UAI.
Foto: Psikologi UAI
Kegiatan Fakultas Psikologi UAI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam waktu dua dekade yang akan datang, Indonesia akan menghadapi bonus demografi yang unik. Sekitar 70 persen penduduk adalah mereka yang berusia produktif. Masa itu disebut dengan Indonesia Emas.

Indonesia Emas 2045 harus dipersiapkan dengan kehadiran SDM unggul yang berwawasan luas, terampil, dan berkarakter. Sebab dengan sumber daya manusia semacam itulah Indonesia akan memberikan banyak manfaat kepada bangsa lain. Juga unggul di mata mereka.

Baca Juga

Sebagai upaya strategis menuju ke sana, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menawarkan program studi baru magister (S2) Psikologi Pendidikan. Ketua Program Studi Magister Psikologi Pendidikan Universitas Al-Azhar Indonesia Faisal Sundani Kamaludin menyatakan, Magister Psikologi Pendidikan didisain untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan masa kini yang menghadapi tantangan besar dalam menyiapkan generasi emas di masa datang; sesuai dengan salah satu misi Universitas Al Azhar Indonesia, yaitu  Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat  dengan menerapkan kaidah enterprising university berdasarkan nilai Rahmatan lil  Alamin.

“Keilmuan di Magister Psikologi Pendidikan UAI ini bersifat multidisiplin, sehingga bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari berbagai latar belakang keilmuan di jenjang strata 1. Dari sisi relevansi, program ini cocok bagi calon mahasiswa yang saat ini berkarir di dunia pendidikan; seperti guru, kepala sekolah, konselor, pendidik , pengelola sekolah, hingga eduprenuer (wirausaha dalam pendidikan) yang bergerak di luar sekolah” Tegas Faisal Sundani Kamis (2/5/2024).

Program Studi Magister Psikologi Pendidikan di UAI mempunyai fokus dalam membangun kompetensi dalam aspek psikologis maupun pedagogis dalam pendidikan yang harus dimiliki oleh insan pendidikan. Psikologi keberbakatan dalam pendidikan, penerapan nilai-nilai Islam dalam pendidikan dan visi universitas yang mendorong jiwa enterprenership menjadi kekuatan program ini.

“ Program ini adalah satu-satunya di Jakarta, karena pola hybrid dan fleksibilitas juga memudahkan bagi mahasiswa yang berasal dari luar Jakarta. “ Tambah Faisal Sundani (2/5/2024).

Karekteristik program pascasarjana yang menpunyai target market mahasiswa dewasa yang memilih untuk mengikuti program dengan kesadaran dan keinginan diri sendiri mendorong Program Magister Psikologi Pendidikan untuk menawarkan program yang fleksibel bagi mahasiswa yang kebanyakan mempunyai komitmen di pekerjaan mereka pada jam-jam kerja. Untuk itu, kelas-kelas yang ditawarkan program ini dilakukan secara hybrid.

Pendidikan berkualitas berawal dari SDM pendidikan yang berkualitas

Pendidikan di era modern yang penuh tantangan perubahan memaksa insan pendidikan terutama  guru dan pendidik untuk mengupgrade kompetensi mereka sehingga mampu menyiapkan generasi Indonesia emas yang berkualitas. 

Dalam rangka  menumbuh-kembangkan kajian ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam untuk mewujudkan UAI sebagai rujukan di level Nasional dan Global dan ikut berpartisipasi dalam menyiapkan pendidikan yang berkualitas untuk generasi Indonesia emas, Universitas Al Azhar Indonesia membuka Program Magister Psikologi Pendidikan.

“Sudah waktunya para guru dan pendidik berfikir untuk mengembangkan kompetensinya bukan hanya pada aspek konten mata pelajaran, tetapi juga dalam pengetahuan tentang peserta didik dan pengembangan potensi peserta didik yang lebih holistic di Program Magister Psikologi Pendidikan UAI. Untuk calon mahasiswa yang bergerak dalam edupreneur di luar sekolah, pengetahuan dalam aspek psikologi pendidikan sangat penting untuk dikuasai” Pungkas Faisal 

Launching Program Magister Psikologi Pendidikan dilakukan pada hari Sabtu 4/4/2024 oleh Ketua Yayasan Pesantren Islam Al Azhar, Dr. Fuad Bawazier. M.A, dan rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc  di auditorium kampus UAI.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement