Rabu 01 May 2024 10:36 WIB

Menteri Arab Saudi Puji Indonesia Konsisten Dukung Palestina

Arab Saudi mengutuk tindakan brutal yang dilakukan penjajah Israel kepada Palestina.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Wapres RI KH Ma’ruf Amin menyambut Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiahdi Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).
Foto: Republiika/Febrian Fachri
Wapres RI KH Ma’ruf Amin menyambut Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiahdi Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Haji dan Umroh Kerajaan Arab, Saudi Tawfiq bin Fauzan Al-Rabiah, mengapresiasi peran Indonesia karena selalu konsisten mendukung perjuangan dan kemerdekaan bangsa Palestina. Tawfiq menyebut negaranya juga punya posisi yang sama dengan Indonesia.

Menurut dia, Arab Saudi mengutuk tindakan brutal yang dilakukan penjajah Israel terhadap Palestina. Pendapat itu dikemukakan Tawfiq saat bertemu Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Baca: TNI Kirim Bantuan ke Palestina Melalui Yordania Pakai Metode Airdrop

"Terkait dengan isu Palestina kami juga sepakat dengan yang mulia bahwasanya apa yang telah terjadi di sana merupakan bentuk pelanggaran yang sangat nyata dari negara kolonial yaitu Israel dan kami menyampaikan apresiasi kepada posisi Indonesia yang selama ini dengan penuh ketegasan dan konsisten membela hak-hak bangsa Palestina," kata Tawfiq.

Dia menjelaskan tekad Arab Saudi sangat tinggi untuk membela hak-hak bangsa Palestina. Arab Saudi, menurut Tawfiq, telah menyelenggarakan KTT Luar biasa OKI di Riyadh pada Oktober 2024. Dalam kegiatan itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga turut hadir mengutuk serangan Israel ke Jalur Gaza.

KTT OKI, lanjut dia, telah menetapkan resolusi yang sangat penting salah satunya adalah membentuk satu komite yang terdiri dari menteri luar negeri (menlu), termasuk Menlu Retno Marsudi. Mereka secara intensif bekerja sama untuk melakukan berbagai macam upaya diplomasi untuk membantu perjuangan bangsa Palestina.

Baca: Turki dan UAE Paling Banyak Sumbang Bantuan untuk Gaza, Palestina

"Komite Menteri Luar Negeri negara-negara yang tergabung dalam OKI tersebut telah melakukan berbagai macam upaya diplomasi, termasuk mengunjungi beberapa ibukota dari negara-negara penting," ucap Tawfiq.

"Upaya tersebut telah melahirkan berbagai macam capaian. Dan Koordinasi selalu berlanjut antara Pemerintah Arab Saudi dan juga Pemerintah Indonesia terkait dengan pemberian dukungan kepada Bangsa Palestina termasuk melalui salah satunya Organisasi Kerja sama Islam," kata Tawfiq menambahkan.

 

Dalam pertemuan dengan Wapres Kiai Maruf, Tawfiq didampingi Presiden Otoritas Umum Penerbangan Sipil Abdulaziz Abdullah Al-Duailej, Wali Kota Kota Suci Makkah Musad Abdulazis Al-Daood, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al-Amoudi, dan Wakil Menteri Kerja Sama Internasional Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Al-Hasan Yahya Allamnakhrah.

Baca: TNI AU dan RAJF Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Airdrop

Sementara Wapres didampingi Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Pelaksana Harian Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Hilman Latif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement