Selasa 23 Apr 2024 17:11 WIB

Ini Dua Kader yang Disiapkan PAN untuk Pilgub Jabar 2024

Dua kader yang disiapkan PAN bisa diusung untuk jadi cagub atau cawagub.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto ketika diwawancarai wartawan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).
Foto: Republika/Febryan A
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto ketika diwawancarai wartawan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) berencana mengusung kader sendiri untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Dua kader yang disiapkan adalah Desy Ratnasari dan Bima Arya Sugiarto.

"Untuk Jawa barat, kalau internal kita ada Desy Ratnasari dan Bima Arya. Dua itu yang kita gadang-gadang," kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto kepada wartawan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga

Yandri menyebut, salah satu di antara dua nama itu bisa saja diusung menjadi calon gubernur atau calon wakil gubernur. PAN belum membuat keputusan lantaran masih melihat perkembangan siapa sosok yang paling potensial untuk diusung.

Desy Ratnasari merupakan Ketua DPW PAN Jawa Barat sekaligus anggota DPR RI. Adapun Bima Arya Sugiarto merupakan Wali Kota Bogor periode 2019–2024.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut bahwa partainya memang mengutamakan kader sendiri untuk diusung dalam Pilkada Serentak 2024, yang hari pencoblosannya akan berlangsung pada November 2024. Kendati begitu, pihaknya tetap membuka kemungkinan untuk mengusung kader partai lain.

"Kalau tidak ada kader yang lain tentu nanti kita juga membuka peluang seluas-luasnya kepada pihak eksternal untuk bersama-sama nanti maju," kata Zulhas.

PAN juga sudah menyiapkan sejumlah kadernya untuk meramaikan bursa kandidat Pilgub DKI Jakarta. Kader yang disiapkan adalah Eko Patrio, Lula Kamal, dan Zita Anjani.

Eko Patrio merupakan komedian yang kini menjabat sebagai Ketua DPW PAN DKI Jakarta dan anggota DPR RI Fraksi PAN. Adapun Lula Kamal adalah dokter sekaligus aktris. Sementara itu, Zita Anjani adalah anak dari Zulhas dan kini sedang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

 

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement