Senin 15 Apr 2024 06:30 WIB

Agar Jalanan tak Macet Saat Lebaran, ini Saran Manajemen Bus Damri

Damri minta masyarakat gunakan angkutan umum saat arus balik Lebaran.

Bus DAMRI.
Foto: Republika/ Rahayu Subekti
Bus DAMRI.

REPUBLIKA.CO.ID, BATULICIN -- General Maneger Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri) Cabang Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan Dedi Nata minta ke masyarakat yang melaksanakan mudik dan balik lebaran 2024 agar dapat menggunakan angkutan umum atau bus.

"Mari kita budayakan menggunakan angkutan umum saat aktifitas ke luar kota, biar tidak bikin macet jalanan," kata Dedi di Batulicin, Minggu.

Baca Juga

Dia mengatakan, kini Damri telah menyediakan angkutan yang aman, nyaman, mengutamakan keselamatan dan tentunya harga tiketnya terjangkau.

Dedi juga meminta kepada masyarakat Tanah Bumbu dan Kotabaru dalam melaksanakan kegiatan mudik maupun balik dan aktifitas sehari-hari, sebaiknya menggunakan angkutan umum atau bus karena lebih dapat mengurangi macet, menekan resiko kecelakaan di jalan, lebih aman, nyaman karena ber AC, bebas hujan.

Sejak Februari 2024, Damri telah membuka rute untuk melayani penumpang tujuan Terminal Kersik Putih Batulicin-Terminal Kotabaru dilayani dua unit bus medium dengan kapasitas 25 seat.

"Dalam satu hari pihak manajemen telah memberangkatkan dua unit bus, dua keberangkatan dari Kotabaru-Batulicin pada pagi dan sore. Dan dua keberangkatan dari Batulicin-Kotabaru pada pagi dan sore," katanya.

Bukan itu saja, Damri juga melayani delapan trayek. Diantaranya enam trayek perintis dan dua trayek komersil, enam trayek perintis berada di Banjarmasin, tiga di Kabupaten Tanah Laut, satu di Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk angkutan komersil trayek Banjarmasin-Sengayam dan trayek Banjarmasin-Samarinda melintasi Batulicin. Sedangkan untuk trayek komersil semua angkutan melintasi Kabupaten Tanah Bumbu.

Jadwal keberangkatan bus trayek Banjarmasin-Sengayam setiap hari pukul 17.00 WITA baik dari Banjarmasin maupun dari Sengayam. Keberangkatan bus trayek Banjarmasin-Samarinda setiap hari pukul 10.00 WITA dan 12.00 WITA baik dari Banjarmasin maupun dari Samarinda.

"Semua trayek tersebut juga kami integrasikan dengan angkutan tujuan Kotabaru-Batulicin, sehingga penumpang yang ingin melanjutkan tujuan Sengayam, Grogot, Balikpapan, Samarinda, Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru dapat ikut menggunakan layanan ini," terangnya.

Puncak arus mudik dan balik lebaran 2024, Damri telah menambah frekuensi keberangkatan menjadi tiga kali keberangkatan dari masing tujuan atau total menjadi enam keberangkatan setiap harinya.

Harga tiket penumpang pada rute Kotabaru-Batulicin sebesar Rp60.000 per orang, jika hanya sampai ke Terminal Kelumpang Hilir atau Serongga hanya Rp40.000 per orang.

"Jika calon penumpang naik dari Terminal Serongga tujuan Batulicin hanya Rp20.000 per orang berlaku hanya untuk satu kali keberangkatan," terang Dedi.

Dedi juga mengungkapkan, puncak arus balik lebaran tahun ini di terminal Batulicin maupun terminal Kotabaru terjadi pada Ahad atau H+4 Lebaran dengan akupansi/loadfaktor mencapai 100 persen atau sekitar 150 penumpang.

Untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat tahun ini Damri telah menyiapkan dua uni armada untuk rencana kegiatan mudik gratis dari Kotabaru-Banjarmasin.

"Namun karena minim peminat, sehingga hanya dilayani dengan satu microbus," tutup Dedy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement