Sabtu 13 Apr 2024 12:01 WIB

Dua Kecamatan di Bandar Lampung Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Sekitar 789 rumah terendam air dampak banjir di Bandar Lampung.

Sejumlah warga melintasi genangan air saat banjir melanda Kelurahan Kota Karang, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Jumat (12/4/2024). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/ Ardiansyah
Sejumlah warga melintasi genangan air saat banjir melanda Kelurahan Kota Karang, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Jumat (12/4/2024). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG--Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mengatakan  banjir yang melanda kecamatan Teluk Betung Selatan dan Teluk Betung Barat pada Jumat (12/4/2024). Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana menuturkan, banjir disebabkan karena salah satu tanggul yang jebol.

"Banjir di wilayah tersebut salah satu penyebabnya yakni tanggul yang jebol. Ternyata tanggul setinggi 20 meter yang ada di Citra Garden ini roboh,” kata Eva Dwiana di Bandar Lampung, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga

Kemudian ia juga mengatakan banjir melebar ke sejumlah lokasi pun tidak lepas dari adanya aliran sungai kecil yang telah ditutup oleh pihak pengembang perumahan di sini.

"Di lokasi ini sebenarnya ada sungai kecil, tapi sepertinya sudah ditutup. Maka kami akan tindaklanjuti dan koordinasikan dengan pihak perumahan untuk mengembalikan sungai dengan semestinya,” kata dia.

Eva menegaskan bahwa terkait tanggul yang jebol Pemkot Bandar Lampung sudah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera memperbaikinya. “Tanggul yang jebol, sudah saya perintahkan PU untuk dikerjakan dan diperbaiki semuanya. Karena memang air yang menggenangi rumah warga di dua kecamatan itu disebabkan tanggul yang jebol," kata dia.

Pada sisi lain ia pun mengatakan Pemkot Bandar Lampung sesegera mungkin memberikan bantuan beras kepada warga yang terdampak banjir. "Kami sudah perintahkan camat dan lurah untuk mendata warga yang terdampak banjir untuk diberi bantuan. Dalam waktu dekat akan segera disalurkan," kata dia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tidak ada korban jiwa atas bencana banjir yang melanda kota Bandar Lampung, Lampung, Jumat pagi.

BNPB menyebutkan bahwa sekitar 789 rumah terendam air dampak dari banjir yang meliputi wilayah Pakuan dan Pesawahan Teluk Betung Selatan, Bakung, dan Olok Gading Teluk Betung Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement