Selasa 09 Apr 2024 15:29 WIB

Marak Bencana di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Surati Presiden Jokowi

Surat dibuat agar pemerintah pusat dapat informasi akurat terkait bencana di Sumbar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah.
Foto: istimewa
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi, menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait maraknya bencana alam melanda wilayahnya menjelang Lebaran 2024. Mahyeldi mengirim surat nomor: 300.2/351/SET/IV/2024, tertanggal 8 April 2024 bertujuan memastikan pemerintah pusat mendapat informasi akurat terkait kejadian bencana yang melanda Sumbar.

"Kita telah mengirimkan surat berisi laporan kejadian bencana kepada Bapak Presiden. Tidak hanya kronologisnya, tapi juga sejumlah upaya yang telah dilakukan daerah untuk penanganan bencana tersebut," kata Mahyeldi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id di Kota Padang, Selasa (9/4/2024).

Baca: TNI AU Gunakan Super Hercules Kirim Bantuan untuk Rakyat Gaza

Mahyeldi menjelaskan, isi surat tersebut terkait masalah banjir dan tanah longsor melanda lima kabupaten/kota di Provinsi sumbar pada awal Maret 2024. Yang kedua, tentang erupsi Gunung Marapi dan banjir lahar dingin yang setidaknya berdampak terhadap masyarakat di dua kabupaten di Sumbar pada Jumat (5/4/2024).

"Seluruh kejadian bencana yang terjadi di Sumbar dalam beberapa bulan terakhir kita laporkan. Diharapkan, nantinya itu bisa membantu pemerintah pusat dalam menyusun rencana terkait penanganannya ke depan," ujar Mahyeldi.

 

Politikus PKS tersebut menyampaikan, selain ditujukan kepada RI 1, surat laporannya itu juga ditembuskan kepada sejumlah pihak terkait, seperti Menko Bidang PMK, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Menteri Sosial.

Baca: Mengenal Pangdam Jaya Mayjen M Hasan, Eks Pengawal Jokowi

Surat tersebut juga ditembuskan ke Ketua DPRD Sumbar. Dalam suratnya, Mahyeldi berterima kasih kepada pemerintah pusat yang selama ini telah memberikan perhatian dan dukungan besar kepada Provinsi Sumbar melalui berbagai kementerian dan lembaga negara.

"Selain sebagai laporan, surat kita ini, juga bertujuan untuk menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian dan dukungannya bagi keberlanjutan pembangunan di Sumbar," kata Mahyeldi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement