Kamis 04 Apr 2024 18:10 WIB

Premis MAKI: Sandra Dewi Tahu Aliran 'Uang Panas' Harvey Moeis

Harvey Moeis dumumkan sebagai tersangka TPPU usai Sandra Dewi diperiksa.

Artis Sandra Dewi berjalan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Kamis (4/4/2024). Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaanbterhadap Sandra Dewi untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam perkara yang menyeret suaminya Harvey Moeis terkait dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022 dengan nilai kerugiaan ekologis mencapai Rp271 triliun.
Foto:

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Kuntadi mengatakan pihaknya memeriksa Sandra Dewi untuk mengetahui aliran uang hasil korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk yang dilakukan suaminya, Harvey Moeis.

"Dalam rangka untuk memilah mana yang diduga ada kaitannya dengan tindak pidana yang diduga dilakukan saudara HM, mana yang tidak terkait" kata Kuntadi saat ditemui di gedung Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis.

Kuntadi menjelaskan Sandra Dewi dianggap sebagai salah satu saksi yang mengetahui aliran uang yang dihasilkan oleh Harvey Moeis. Karenanya, keterangan Sandra Dewi sangat diperlukan untuk memetakan aset dan rekening mana saja yang dapat disita kejaksaan sebagai barang bukti.

"Diharapkan kita tidak lakukan tindakan yang salah dalam penyitaan, jadi ada memilah dan memilih saja," kata Kuntadi.

Saat ditanya berapa jumlah rekening dan aset lain yang diperkirakan akan disita kejaksaan, Kuntadi tidak mau menjelaskan secara rinci. Dia pun menolak memberi penjelasan kala ditanya kemungkinan ada nama saksi lain yang akan diperiksa.

"Nanti ya, lengkapnya nanti," katanya.

Dari pantauan Republika, Sandra Dewi datang memenuhi pemanggilan dirinya di Gedung Kartika di Kompleks Kejakgung sekitar pukul 09:25 WIB. Aktris 40-an tahun itu, berjalan kaki dari areal parkir ke Gedung Kartika dengan dikawal oleh dua orang asisten, atau pengacaranya.

Sebelum masuk ke ruang penyidikan, Sandra Dewi sempat menyapa sejumlah pewarta yang menunggunya. Acungan dua jempol dari aktris asal Bangka Belitung itu, pun sempat dia tunjukkan kepada para wartawan yang memintanya untuk berkomentar tentang kesiapannya untuk pemeriksaan, dan tentang keadaan Harvey suaminya di sel tahanan.

Namun sambil tersenyum, Sandra Dewi, hanya menjawab setiap pertanyaan kepadanya dengan permohonan. "Doain ya, doain ya. Jangan bikin berita-berita yang tidak benar. Tolong lihat data yang benar," kata kata Sandra Dewi sambil menuju lobi Gedung Kartika, Kamis (4/4/2024).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement