Ahad 31 Mar 2024 06:38 WIB

Polri: Aparat Hadir di Lokasi Ledakan Memastikan Keamanan Warga Sekitar

Kapolda Metro dan Pangdam Jaya di lapangan memantau situasi dari lokasi terdekat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divis Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko.
Foto: Antara/Laily Rahmawaty
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divis Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divis Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, personel TNI dan Polri telah hadir di lokasi kejadian ledakan di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024), untuk memastikan keamanan warga sekitar.

 

"TNI dan Polri sudah hadir di tengah-tengah masyarakat, dari bhabinkamtibmas dan babinsa, serta jajaran kewilayahan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya," kata Brigjen Trunoyudo kala dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu malam WIB.

Baca: Mengenal Pangdam Jaya Mayjen M Hasan, Eks Pengawal Jokowi

 

Dia menjelaskan, kehadiran personel TNI dan Polri membantu penanganan pascaledakan sekaligus mengamankan warga sekitar lokasi. "Untuk memberikan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat serta stakeholders seperti pemadam kebakaran serta layanan kesehatan bila diperlukan," kata Trunoyudo.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengatakan, hingga saat ini Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto masih berada di lokasi untuk memastikan pengamanan lokasi agar tidak ada korban jiwa. "Saat ini Kapolda Metro dan Pangdam masih di lapangan memantau situasi dari lokasi terdekat," kata Trunoyudo.

Sebelumnya, Gudmurah Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meledak pada Sabtu sekitar pukul 18.30 WIB. Setelah amunisi meledak, gudang nomor enam tersebut ikut terbakar.

Baca: Audiensi dengan KSAD, Menteri AHY Bangga Bisa Kembali ke Mabesad

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi menyampaikan, sejauh ini aparat masih kesulitan mendekat ke lokasi kebakaran. Sehingga untuk sementara, prioritas TNI AD adalah mengevakuasi warga di sekitar gudang amunisi.

Hingga saat ini dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang masih berlangsung. Namun, belasan ambulans telah bersiaga di sekitar lokasi. Personel polsek dan polres juga sudah berada di lokasi membantu mengamankan warga sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement