Jumat 29 Mar 2024 10:26 WIB

Airlangga Sebut Golkar Punya Banyak Kader Siap Duduki Kursi Kabinet

Prabowo belum mengumpulkan seluruh partai politik koalisi untuk bahas kabinet.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat tiba di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Airlangga hadir di kediaman Prabowo dalam rangka acara buka puasa bersama dan menyambut pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU RI.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat tiba di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Airlangga hadir di kediaman Prabowo dalam rangka acara buka puasa bersama dan menyambut pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut Golkar memiliki banyak kader yang siap ditempatkan di kabinet Prabowo-Gibran mendatang. Golkar punya kader yang siap di eksekutif maupun legislatif. 

"Golkar kita punya kader banyak sekali, jadi kita siap ditempatkan di mana saja baik di legislatif maupun di eksekutif," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip pada Jumat (29/3/2024).

Baca Juga

Menurut Airlangga, hingga kini Prabowo belum mengumpulkan seluruh partai politik koalisinya untuk membahas soal kursi menteri. Selain itu, Prabowo juga belum memerintahkan Golkar untuk menyiapkan kader-kadernya. "Belum ada belum ada," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui bahwa capres pemenang Pilpres 2024 sudah meminta dirinya menyiapkan kader terbaik Partai Demokrat untuk menduduki kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran kelak.

"Bapak (Prabowo) juga sudah memerintahkan kepada saya untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat yang akan membantu Bapak di kabinet dan pemerintahan mendatang," kata AHY berpidato di hadapan Prabowo dalam acara buka bersama Partai Demokrat di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

AHY berharap, kader-kader terbaik Partai Demokrat kelak benar-benar bisa membantu pemerintahan Prabowo-Gibran untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Partai Demokrat secara organisasi dan kadernya yang masuk kabinet bakal fokus membantu menunaikan janji-janji kampanye Prabowo-Gibran.

"Kami bertekad untuk menyukseskan pemerintahan dan legacy Bapak. Kami akan fokus untuk membantu menunaikan janji-janji kampanye Pak Prabowo," kata AHY dalam acara yang turut dihadiri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

AHY mengakui, kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024 membuat Partai Demokrat berhasil menunaikan misi besarnya, yakni kembali berada di dalam pemerintahan. Menurutnya, Demokrat akan lebih leluasa memperjuangkan harapan rakyat ketika berada di dalam pemerintahan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Prabowo Subianto sebagai pemenang Pilpres 2024. Kendati begitu, ia mengakui bahwa proporsi kabinet Prabowo-Gibran nanti sudah dibicarakan dengan para ketua umum partai politik.

"Secara substansi, hal ihwal terkait proporsi kabinet, menurut saya sih sudah dibicarakan. Kan Pak Prabowo juga sudah banyak melakukan pertemuan dengan para ketua-ketua umum ya, ada yang rame-rame, ada yang khusus juga," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Habiburokhman menambahkan, Prabowo menginginkan komposisi kabinet yang bisa diandalkan untuk melakukan kerja-kerja cepat. Tujuannya, agar para pembantunya di kabinet dapat segera melakukan penyesuaian setelah Prabowo dilantik pada 20 Oktober mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement