Kamis 28 Mar 2024 21:25 WIB

Siapa Helena Lim, Crazy Rich PIK Tersangka Kasus Timah yang Viral Saat Pandemi Covid-19?

Helena sempat membuat geger saat melakukan vaksinasi pada 2021.

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha
Kejakgung tetapkan pengusaha Helena Lim sebagai tersangka ke-15 dalam penyidikan kasus korupsi penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk,   Selasa (26/3/2024).
Foto: Republiika/Bambang Noroyono
Kejakgung tetapkan pengusaha Helena Lim sebagai tersangka ke-15 dalam penyidikan kasus korupsi penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, Selasa (26/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu dari 15 tersangka kasus dugaan korupsi penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) bernama Helena Lim merupakan sosok yang cukup familiar di media sosial. Dia sempat menjadi sorotan berkat unggahannya soal vaksin Covid-19 yang viral di media sosial.

“Berdasarkan alat bukti setelah dilakukan pemeriksaan intensif, penyidik menyimpulkan yang bersangkutan HLM (Helena Lim) ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Direktur Penyidikan Jampidsus Kuntadi saat konfrensi pers di gedung Kejakgung, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga

Tersangka Helena Lim merupakan seorang model, artis dan juga pengusaha kelahiran 19 November 1976. Wanita yang juga terkenal sebagai sosok sosialita dan gemar berpesta tersebut pernah merilis single berjudul "Pasrah" pada tahun 2019 lalu. Karena memiliki kekayaan dan rumah mewah, Helena Lim dijuluki sebagai Crazy Rich PIK (Pantai Indah Kapuk). 

Wanita keturunan Tionghoa tersebut sempat membuat geger dan menjadi sorotan terlihat mengantre vaksin di sebuah puskesmas yang ada di Jakarta pada Februari 2021 silam. Padahal pada saat itu vaksin masih diutamakan untuk tenaga kesehatan atau nakes. Kemudian kasus tersebut dilaporkan ke polisi, dan yang bersangkutan juga diperiksa penyidik di Polda Metro Jaya pada Senin tanggal 15 Februari 2021.

Dalam beberapa pengakuannya di media sosial, Helena Lim mengaku kekayaannya yang dimilikinya tidak didapat secara langsung sejak lahir. Karena memang, dia mengaku ayahnya meninggalkannya sejak dia masih berusia 12 tahun. Selama kuliah, Helena mengaku dirinya bekerja paruh waktu. Sehingga kekayaan yang dimilikinya saat ini diperoleh melalui kerja keras, termasuk membeli rumah dan kendaraan mewah. 

“Aku tuh umur 12 tahun udah nggak punya bapak. Ya bapakku juga bukan ninggalin harta," ucap Helena saat berbincang-bincang dengan Boy William yang diunggah di akun Youtube. 

Selain Helena Lim, Polisi juga menangkap Harvey Moeis untuk kasus yang sama. Harvey merupakan suami dari selebriti Sandra Dewi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement