Selasa 26 Mar 2024 12:17 WIB

Sekjen Gerindra: Prabowo Belum Mengerucut Bahas Nama Kandidat Menteri

Prabowo menganggap, kandidat yang diajukan parpol juga termasuk kalangan profesional.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani.
Foto: Republika/Febryan A
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengakui ketua umumnya, Prabowo Subianto selaku capres pemenang Pilpres 2024 sudah membahas susunan kabinet. Namun, pembahasan belum mengerucut ke nama-nama kandidat menteri.

"Bahwa persoalan kabinet sudah mulai diomongkan, beberapa kali memang saya denger dari Pak Prabowo. Belum, belum (mengerucut ke nama-nama)," kata Muzani kepada wartawan di Jakarta, dikutip Selasa (26/3/2023).

Baca: Prabowo Ditelepon Perdana Menteri Jepang dan Diberi Surat Presiden China

Muzani menjelaskan, Prabowo juga belum membahas nama-nama kandidat menteri dengan partai politik pengusungnya. Prabowo hanya berbicara sepintas terkait kandidat menteri dengan internal Partai Gerindra.

"Ya beberapa kali Pak Prabowo ngomong-ngomong (di internal), tapi ngomong terbatas aja nggak terlalu dalem," ujarnya.

Terkait sejumlah kursi menteri seperti menteri keuangan (menkeu) apakah akan diisi orang-orang profesional, Muzani menyebut Prabowo menganggap kandidat dari partai adalah profesional. Pasalnya, nama yang diusulkan partai punya kemampuan sebagaimana orang profesional nonpartai.

Baca: Mayjen Rui Duarte, Orang Kepercayaan Prabowo Jadi Warek Unhan

"Bapak presiden menganggap orang-orang yang diajukan partai juga adalah orang yang dianggap profesional, memiliki kemampuan dan kepakaran di bidang yang diajukan," kata wakil ketua MPR itu.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka menyebut, dirinya bersama Prabowo sudah membahas rencana susunan kabinet dalam beberapa waktu terakhir. "Sudah lama dari kemarin-kemarin (bahas susunan kabinet). Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin," ujarnya di Jakarta, Senin (25/3/2024) malam WIB.

Gibran tak memungkiri, Presiden Jokowi turut memberikan masukan terkait susunan kabinet. Kendati begitu, dia memastikan, pengisian kursi menteri sepenuhnya ditentukan oleh Prabowo. "Ya mungkin masukan (ada dari Presiden Jokowi), tapi penentunya di Pak Prabowo," kata putra sulung Presiden Jokowi itu.

Baca: Pemilih Bodoh: Di Antara Coblos Prabowo dan Dukung Rusia, Benarkah?

Lebih lanjut, Gibran menegaskan bapaknya tidak menitipkan nama kandidat menteri kepada Prabowo. Gibran mengeklaim Jokowi juga tidak menitipkan nama kandidat menteri lewat dirinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement