Sabtu 23 Mar 2024 13:34 WIB

Pengamat: Nasdem Lebih Mudah Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pengamat sebut Nasdem akan lebih mudah untuk masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasden Surya Paloh. Pengamat sebut Nasdem akan lebih mudah untuk masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran.
Foto: Republiika/Thoudy Badai
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasden Surya Paloh. Pengamat sebut Nasdem akan lebih mudah untuk masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai Partai Nasional Demokrat (Nasdem), selama ini tidak memiliki persoalan dengan Prabowo Subianto dan juga Partai Gerindra. Selain itu, Nasdem dan Gerindra juga sama-sama masih berada di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sehingga Dedi tidak heran bila Nasdem pada akhirnya ikut bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran nanti. 

"Secara umum, memang Nasdem potensial masuk kabinet, terlebih sejauh ini Nasdem tidak miliki persoalan dengan koalisi Prabowo, bahkan mereka sendiri masih bagian kabinet untuk saat ini," kata Dedi, Sabtu (23/3/2024). 

Baca Juga

Dedi menilai pertemuan Surya Paloh dengan Prabowo di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024) kemarin merupakan pertemuan dua tokoh besar yang dapat meredakan tensi politik usai pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lagi pula lanjut Dedi, Prabowo dan Surya Paloh punya latar belakang yang sama yakni sama-sama dibesarkan di Partai Golkar. 

Dan sebelum Pemilu 2024 ini dimulai dulu, Surya Paloh juga sempat menemui Prabowo ke kediamannya di Hambalang. Walaupun pertemuan saat itu tidak sepakat untuk berkoalisi, tapi Dedi melihat hubungan Prabowo dan Surya Paloh tetap saling menghormati.  

"Pertemuan dengan Prabowo menandai cairnya komunikasi, dua tokoh ini sama-sama besar di Golkar, sehingga mudah rajut kerjasama di kabinet mendatang," ujar Dedi.

Sebelumnya diberitakan Presiden terpilih Prabowo Subianto bertandang ke Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024) siang. Ia disambut oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan karpet merah.

Pantauan Republika.co.id, Prabowo tiba di Nasdem Tower pada sekira pukul 13.36 WIB. Surya Paloh menyambut kedatangannya dengan bersalaman serta berpelukan. Sejumlah elite Partai Nasdem juga turut menyambut Prabowo.

Di antara elite Partai Nasdem Bendahara Umum (Bendum) Partai Nasdem Ahmad Sahroni, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, dan Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa. Tampak juga politikus Partai Nasdem Victor Laiskodat.

Adapun dari pihak Prabowo, ia didampingi diantara oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco. Mereka bersama-sama memasuki gedung Nasdem Tower di atas karpet merah yang dibentangkan di acara tersebut. Suasana sambutan Prabowo tampak hangat dengan diiringi musik band.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement