Jumat 22 Mar 2024 13:42 WIB

Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Prabowo

Xi menilai China dan Indonesia memiliki sejarah baik.

Presiden China Xi Jinping.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Presiden China Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Presiden RI Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Presiden China Xi Jinping atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ucapan itu disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Kamis (21/3).

“Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu, dalam siaran pers yang diterima Antara, Jumat.

Baca Juga

Dalam surat tersebut, Xi mengatakan China dan Indonesia memiliki sejarah baik dalam upaya mempercepat perkembangan hubungan bilateral. “Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” ujar Xi.

Xi berharap hubungan tersebut tetap terjaga ketika Prabowo Subianto resmi menjabat Presiden Indonesia. Dalam suratnya, Xi juga berharap Prabowo bisa membawa kemakmuran untuk masyarakat Indonesia. “Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia,” kata Xi.

Sebelumnya, beberapa petinggi negara sudah memberikan ucapan selamat kepada Prabowo. salah satunya dari Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) atau Secretary of State Anthony J Blinken menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya,” ujar Blinken dalam pernyataan pers tertanggal Rabu (20/3) di situs resmi US Department of State yang dikutip Antara, Kamis (21/3).

Blinken mengatakan Indonesia dan Amerika Serikat memiliki sejarah kerja sama yang baik dan telah terjalin selama 75 tahun. Dengan terpilihnya Prabowo, dia berharap kerja sama bilateral itu akan terus terjalin dengan baik.

"Kami berharap dapat bermitra erat dengan Presiden terpilih Subianto dan pemerintahannya ketika menjabat pada bulan Oktober,” kata Blinken.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara.

Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement