Selasa 19 Mar 2024 10:19 WIB

Penjelasan Istana dan Paspampres, Ada Warga Meninggal di Lokasi Kunker Jokowi

Menurut Ari, Presiden Jokowi minta Paspampres dan pengamanan wilayah bersikap humanis

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana saat memberikan keterangan pers di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (16/1/2024).
Foto:

Dia menjelaskan, dalam video yang beredar tersebut terlihat bahwa yang menghalangi Marhan Harahap adalah seorang perempuan. Sementara tidak ada anggota Paspampres perempuan yang bertugas saat itu.

"Seperti yang terlihat di video melalui media sosial bahwa yang menghalangi almarhum untuk menuju Mesjid Agung Rantauprapat Labuhanbatu adalah perempuan, sedangkan Paspampres yang bertugas saat itu tidak ada TNI atau prajurit perempuan. Saat itu yang bertugas semuanya prajurit Paspampres laki-laki," ujar Herman.

Menurut dia, personel anggota Paspampres yang bertugas di Ring 1 melakukan pengamanan melekat dengan objek VVIP. Saat itu, anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas di Labuhanbatu untuk mengamankan Presiden Jokowi melaksanakan sholat Jumat di Masjid Agung Rantauprapat adalah personel pria.

"Dalam pelaksanaan tugas saat itu tidak disertai dengan wan TNI atau prajurit wanita. Sehingga apa yang sudah terberitakan saat ini melalui media sosial (medsos) bahwa yang menghalangi Bapak Marhan Harahap untuk melaksanakan salat di Mesjid Agung Rantauprapat Labuhanbatu itu anggota Paspampres adalah tidak benar," jelas Herman.

Pihaknya pun turut prihatin dan berbela sungkawa atas meninggalnya Marhan Harahap dalam insiden itu. herman juga berharap agar peristiwa tersebut menjadi pelajaran sehingga tidak kembali terulang di daerah lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement