Jumat 15 Mar 2024 15:52 WIB

Selain di Sumbar, Anies-Muhaimin Juga Menang di Provinsi Ini 

Anies meminta semua pihak menunggu hasil akhir penghitungan suara oleh KPU.

Rep: Febrian Fachri, Eva Rianti/ Red: Andri Saubani
Calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan takziah ke tempat almarhum Habib Hasan bin Jafar Assegaf akan dimakamkan di kompleks Masjid Nurul Musthofa, Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/3/2024).
Foto:

Anies Baswedan menanggapi hasil Pilpres di banyak provinsi yang menunjukkan Prabowo Subianto menang, kecuali di Sumbar dan Aceh. Dia menegaskan agar semua pihak menunggu hasil akhirnya.

"Kita lihat nanti hasilnya secara keseluruhan, toh pemilu itu kan per orang ya," kata Anies kepada wartawan usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Kubah, Depok, Jumat (15/3/2024).  

Anies mengatakan, dengan melihat hasil Pilpres secara keseluruhan, nantinya bisa pula melakukan evaluasi yang lebih komprehensif terhadap berjalannya kontestasi politik tersebut. Dia pun menyinggung soal adanya praktek politik uang atau money politic

"Jadi kita akan lihat nanti bagaimana pelaksanaannya apa-apa saja yang perlu diperbaiki, apa-apa saja yang perlu dikoreksi supaya pemilu kita makin hari makin berkualitas. Kita ingin agar rakyat memiliki kebebasan memilih tanpa tekanan dan tanpa bayaran atau imbalan karena praktek-praktek seperti itu luas sekali keluhannya," ujarnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2018-2022 itu juga menekankan bahwa pemilu harus terhindar dari cara kotor dari pihak penguasa. Sehingga harapannya pemilu benar-benar mencerminkan aspirasi rakyat. 

"Tidak dikotori dengan praktik-praktik intervensi negara maupun bayar-membayar," tutupnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement