Jumat 15 Mar 2024 13:33 WIB

Sejumlah Wilayah di Jakarta Dilaporkan Banjir, Heru Budi Sebut Masih Aman

Heru Budi meyakini banjir di beberapa wilayah seperti Kampung Melayu masih batas aman

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Banjir melanda pemukiman warga di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta beberapa waktu lalu
Foto: Republika/Prayogi
Banjir melanda pemukiman warga di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta beberapa waktu lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah wilayah di DKI Jakarta dilaporkan mengalami banjir pada Jumat (15/3/2024) pagi. Banjir itu mayoritas disebabkan oleh luapan sungai.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengakui terdapat beberapa wilayah yang banjir pada Jumat pagi. Namun, banjir itu disebut akan surut dalam waktu cepat.

"Saya pantau, masih kondisinya aman. Tadi pagi di Kampung Melayu masih batas aman," kata dia di Jakarta Utara, Jumat.

Menurut Heru, penanganan banjir itu bisa dilakukan dengan memompa air ke waduk-waduk di sekitar lokasi terdampak. Namun, pihaknya juga aka melakukan pemantauan terkait kondisi cuaca di wilayah hulu atau Bogor.

"Apakah hujannya terus-menerus, sehingga ada hujan kiriman. Mudah-mudahan semua aman," kata dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakart hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (14/3/2024) hingga Jumat menyebabkan kenaikan mata air. Akibatnya, terjadi banjir akibat luapan sungai di wilayah DKI Jakarta. 

Hingga Jumat pukul 09.00 WIB, BPBD mencatat genangan terjadi di 15 RT di wilayah DKI Jakarta akarta. Adapun data wilayah terdampak di antaranya satu RT di Kelurahan dengan ketinggian air 50 cm, empat RT di Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian 60-80 cm, tiga RT di Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian 110 cm, lima RT di Kelurahan Cawang dengan ketinggian 70-100 cm, dan dua RT di Kelurahan Cililitan dengan ketinggian 40-60 cm. Seluruh wilayah itu terdampak banjir akibat luapan Kali Ciliwung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement